Pengendara yang Memaksa Masuk ke <i>Rest Area</i> Dinilai Jadi Penyebab Kemacetan saat Arus Balik Lebaran 2022, Polri: Kalau Ngantuk ke Luar Tol
Ilustrasi rest area jalan tol. (Foto via ANTARA/Jasa Marga)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut salah satu penyebab kemacetan di ruas tol saat arus balik Lebaran 2022 karena banyak pengendara memaksa masuk ke rest area. Padahal, kondisi rest area sudah terisi penuh.

"Titik-titik keterlambatan kepadataan ada di rest area, artinya para pemudik memaksa masuk ke rest area," ujar Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan, kepada wartawan, Sabtu, 7 Mei.

Dengan kondisi penuhnya rest area, para pengendara yang tak bisa masuk itu pun memutuskan berhenti di pinggir ruas tol. Hal inilah yang menyebabkan kemacetan.

"Kemudian kalau tidak masuk, berhenti di bahu jalan ini akan berakibat kemacetan arus lalu lintas di belakangnya," ungkapnya.

Karena itu, Polri mengimbau kepada para pengendara agar tak memaksa masuk. Mereka yang memang kelelahan diminta untuk ke luar ruas tol menuju jalan arteri untuk beristirahat.

Jika kondisi fisik telah pulih, perjalanan pun bisa dilanjutkan kembali. "Kalau memang ngantuk sekali, dan rest area-nya sudah tutup, bisa keluar tol terdekat," ucapnya

Para pengendara pun bisa melanjutkan perjalanan jalan arteri. Sebab, kondisi jalan arteri pun sudah lengang terlebih di malam hari.

"Setelah istirahat sejenak bisa masuk kembali ke tol atau melanjutkan melalui arteri karena kalo sudah malam ini sudah lancar untuk arteri," kata Aan.