Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui dirinya baru kali pertama kali mengunjungi dan bermalam di Istana Tampaksiring, Bali. Padahal, Jokowi sudah berkali-kali mengunjungi Pulau Dewata.

"Iya, ini kunjungan saya pertama ke Istana Tampaksiring. Sudah puluhan kali saya datang ke Bali tapi belum pernah ke Istana Tampaksiring," kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 6 Mei.

Dia terkesan dengan keberadaan istana tersebut. Sebab, bangunan ini masih terawat dan terpelihara dengan baik meski dibangun sejak 1967.

"Kali ini saya bisa mengunjungi Istana Tampaksiring yang juga saya lihat sangat terpelihara," tegas Jokowi.

Kehadiran Jokowi di Istana Tampaksiring disambut antusiasme masyarakat yang ingin bertemu dengan dirinya. Salah satunya, adalah Wayan Sukri.

Pada Kamis, 5 Mei lalu, Sukri sempat melihat dan menerima sembako dari Presiden Jokowi.

“Suksma (terima kasih), bapak. Saya mendengar ini bergetar jantung saya,” ujar Wayan Sukri.

Selain Wayan Sukri, rasa haru juga dirasakan oleh Nyoman, warga Desa Tampaksiring. Nyoman mengaku bangga akhirnya bisa bertemu secara langsung dengan Presiden Jokowi.

Menurutnya, ini merupakan kali pertama Kepala Negara datang ke Istana Kepresidenan Tampaksiring. "Saya bangga sekali bertemu Bapak Presiden. Baru sekali ini Bapak Presiden masuk ke Istana Tampaksiring," kata Nyoman.

Sebagai informasi, Jokowi mengunjungi dan bermalam bersama keluarganya di Istana Tampaksiring dalam momen libur Lebaran 2022. Mereka berada di Bali sejak Kamis, 5 Mei kemarin.

Sebelumnya, dia sempat singgah lebih dahulu di Istana Kepresidenan Yogyakarta untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Seperti di Bali, dalam momen tersebut, ibu negara, Iriana dan anak serta cucunya juga ikut.