<i>One Way</i> Arus Balik Mudik Berlaku Siang Ini dari KM 414 Tol Kalikangkung Hingga KM 47 Tol Cikampek
Ilustrasi jalur balik Lebaran 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melaksanakan sterilisasi mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung menuju KM 47 Tol Jakarta-Cikampek pada Jumat 6 Mei siang.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddi Juanedi menyebutkan, sterilisasi dalam rangka persiapan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way guna mencegah kemacetan selama puncak arus balik yang diprediksi terjadi mulai hari ini.

"Polri sudah melaksanakan pembersihan jalur one way pada jam 12.00 dari km 414 sampai km 47," kata Eddi kepada wartawan di Jakarta, Jumat 6 Mei.

Sterilisasi dilakukan guna mengosongkan jalur jalan tol dan juga rest area (area peristirahatan) dari kendaraan yang melintas sebelum diterapkan one way.

Sterilisasi dilakukan sebelum dan sesudah one way diterapkan. Guna mencegah kepadatan kendaraan di jalan tol sebelum rekayasa lalu lintas dilaksanakan. "Hari ini pelaksanaan one way tersebut akan dimulai pada jam 14.00 WIB," kata Eddi, melansir Antara. 

Adapun rekayasa lalu lintas ini dilaksanakan secara situasional dengan jadwal melihat kondisi kendaraan di lapangan.

Diskresi kepolisian ini akan berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi lalu lintas di lapangan.

Rekayasa lalu lintas dilakukan apabila rata-rata perjam kendaraan yang melintasi jalan tol di bawah 3.000 kendaraan termasuk kategori normal, tetapi kalau jumlah kendaraan 3.000 - 5.000 maka dilaksanakan contraflow beberapa lajur tergantung arah kepadatan dan apabila sudah di atas 5.000 kendaraan maka rekayasa yang diberlakukan adalah sistem one way.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik pemudik terjadi mulai hari ini, yakni tanggal 6, 7 dan 8 Mei.

Masyarakat diimbau untuk memantau perkembangan informasi terkini terkait rekayasa lalu lintas di jalan tol melalui running text di media televisi, serta media sosial NTMC Polri dan Humas Polri.