11 Migran Afrika Tewas Tenggelam Akibat Kapal Tenggelam
Imigran ilegal berada di atas perahu setelah diselamatkan oleh angkatan laut Tunisia di perairan dekat Ben Guerdane (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 11 migran asal Afrika dikabarkan meninggal dunia setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di lepas pantai Tunisia, Minggu, 11 Oktober. Kapal tenggelam saat akan menyeberangi Mediterania menuju Pulau Lampedusa di Italia.

"Tim patroli pantai menemukan jasad delapan perempuan dan tiga anak di lepas pantai dekat Sfax pada Minggu malam," kata petugas keamanan Tunisia seperti dilansir dari Antara, Senin, 12 Oktober.

Menurut petugas, sekitar 30 orang berangkat dengan kapal tersebut dengan harapan tiba di Italia. Tim patroli masih melakukan operasi pencarian orang hilang lainnya.

Pada 2019,  sekitar 90 migran Afrika tenggelam usai kapal mereka, yang berlayar dari Libya menuju Eropa, terbalik. Insiden tersebut menjadi yang paling parah di perairan Tunisia.

Pada 2018, petugas patroli pantai Tunisia juga menemukan lima jasad yang diduga  merupakan para migran yang kapalnya tenggelam saat  sedang menyeberangi Laut Tengah menuju Pulau Lampedusa, Italia.

Kelompok operator perdagangan manusia memilih menggungakan Tunisia sebagai tempat berangkat bagi imigran yang menuju Eropa karena patroli pantai Libya lewat bantuan tentara memperketat kontrol atas operasi pemberangkatan  imigran gelap.