Euforia Salat Id di Masjid Istiqlal, Warga Berdatangan Bahkan Sejak Pukul 4 Subuh
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dua tahun absen, Masjid Istiqlal Jakarta kembali menggelar salat Idulfitri 1443 Hijriah. Dan ini adalah bagaimana kegembiraan warga yang akhirnya boleh kembali merasakan suasana di dalam masjid.

Sejak pukul 04.00 WIB jamaah mulai berdatangan ke masjid kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut. Bahkan, hingga pukul 06.00 WIB tadi, parkir kendaraan sudah hampir sampai area Posblok Pasar Baru.

Sebelum bisa masuk area utama masjid, antrean jamaah mengular karena mereka harus melewati pemeriksaan oleh paspampres. Pasalnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menggelar Salat Id di Masjid Istiqlal.

"Iya betul (Wapres gelar Shalat Id, red.) di Istiqlal," ujar Juru Bicara Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Jakarta, Senin 1 Mei kemarin.

Sejumlah petugas internal disiagakan di sekitar area luar masjid untuk mengatur alur kedatangan jamaah. Mereka selalu mengingatkan umat untuk tetap memakai masker selama di area masjid.

Bagi warga, dapat kembali menggelar salat Id di Masjid Istiqlal seolah menjadi pelepas rindu. Apalagi dalam dua tahun terakhir pengurus Istiqlal meniadakan Shalat Id imbas penularan COVID-19 yang tinggi.

"Kerinduan saya untuk Masjid Istiqlal kini terbayarkan. Alhamdulillah kini sudah boleh salat Id," ujar Arif Gunawan, seorang warga Cikini dikutip dari Antara, Selasa 2 Mei.