'Solidaritas Sosial di Masa Pandemi COVID-19' Jadi Tema Khotbah Salat Id yang Dihadiri Jokowi di Yogya
Jokowi bagi-bagi bantuan di sekitaran Yogyakarta (Foto via Twitter Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Idulfitri di Gedung Agung Yogyakarta bersama keluarganya, Senin, 2 Mei.

Agenda salat Idulfitri ini disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi wartawan.

"(Presiden Jokowi akan salat Idulfitri, red) di Istana Jogja (Gedung Agung, red). (Salat bersama, red) keluarga saja," kata Heru dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan yang dikuti Senin, 2 Mei.

Heru mengatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) H. Masmin Afif akan bertindak sebagai imam dalam pelaksanaan salat Idulfitri tersebut. Tak hanya itu, Masmin juga akan menyampaikan khotbah.

Khotbah tersebut, sambung Heru, akan bertema 'Solidaritas Sosial di Masa Pandemi COVID-19'.

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta ibu negara, Iriana telah menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

"Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," kata Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu, 1 Mei.

"Saya juga mengucapkan Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin," ungkap Ibu Iriana.

Keduanya mengucapkan syukur karena tahun ini masyarakat dapat mudik dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

"Alhamdulillah, lebaran tahun ini kita sudah dapat berkumpul dengan keluarga, bertemu orang tua, sanak saudara, dan kerabat di kampung halaman," ujar Presiden.