Boeing Tunda Pengiriman Armada Pertama 777X hingga Tahun 2025, Emirates Pesan 126 Unit
Boeing 777x. (Wikimedia Commons/Dan Nevill)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa industri penerbangan Boeing, menunda pengiriman armada pesawat jet 777-9 pertamanya, varian dari pesawat 777X barunya, satu tahun lagi dengan pengiriman sekarang diharapkan akan dimulai pada tahun 2025.

Pembuat pesawat asal Amerika Serikat Rabu pekan lalu mengumumkan jeda sementara dalam produksi jet hingga 2023, untuk menghindari penumpukan inventaris.

Boeing sebelumnya mengatakan akan memenangkan sertifikasi untuk 777X pada akhir 2023.

Armada 777X, yang memiliki varian 777-8 dan 777-9, telah dikembangkan sejak tahun 2013. Semula, varian ini diperkirakan akan dirilis untuk penggunaan maskapai pada Juni 2020.

Namun, pesawat tersebut mengalami penundaan karena Boeing menjawab pertanyaan sertifikasi dari regulator keselamatan udara AS.

"Pengiriman pesawat 777-9 pertama sekarang diharapkan pada tahun 2025, berdasarkan penilaian terbaru dari waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan sertifikasi," jelas pihak Boeing dikutip dari The National News 4 Mei.

"Untuk meminimalkan inventaris dan jumlah pesawat yang memerlukan penggabungan perubahan, kami menyesuaikan laju produksi 777-9, termasuk jeda sementara hingga 2023."

boeing 777x
Boeing 777x. (Wikimedia Commons/Dan Nevill)

Dikatakan, penyesuaian ini akan memungkinkan untuk menambah kapasitas 777 kapal barang mulai akhir 2023. Pihak Boeing menekankan program 777X berkembang dengan baik dalam pengembangan dan pengujian.

"Kami tetap yakin dengan program 777 dan pelanggan kami terus melihat nilai dalam manfaat ekonomi dan keberlanjutannya yang menarik," jelas Boeing.

"Program pesawat melayani pasar kami selama beberapa dekade, dan penting bagi kami untuk meluangkan waktu sekarang untuk memposisikan kesuksesan jangka panjang."

Diketahui, program armada pesawat 777X menghadapi proses sertifikasi yang lebih lama, setelah pemeriksaan model 737 Max, yang mengalami dua kecelakaan penerbangan fatal.

Hingga saat ini, pelanggan terbesar Boeing 777X adalah maskapai penerbangan Emirates Dubai, dengan 126 pesawat yang dipesan.

Sebelumnya, Presiden Emirates Tim Clark menyarankan tahun lalu bahwa penundaan lebih lanjut mungkin terjadi, dengan mengatakan: "Tidak mungkin kita akan mendapatkannya sebelum 2023 atau bahkan mungkin 2024, dan ada segala macam rintangan yang harus mereka lalui sehubungan dengan sertifikasi, membangun dan semua berbagai persyaratan peraturan lainnya."

boeing 777x
Boeing 777x. (Wikimedia Commons/Palácio do Planalto)

Boeing 777X dilengkapi dengan dua mesin GE 9X yang lebih kecil daripada varian 777ER yang lebih lama, memungkinkannya untuk melakukan konsumsi bahan bakar 12 persen lebih baik dan biaya pengoperasian 10 persen lebih rendah daripada pesaingnya, menurut pihak Boeing.

Fitur-fiturnya termasuk ujung sayap lipat, memungkinkan rentang yang diperpanjang hingga tujuh meter untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Varian 777-8 akan menampung antara 350 dan 375 penumpang, sedangkan varian 777-9 yang lebih besar dapat mengangkut antara 400 dan 425 penumpang, keduanya dalam konfigurasi dua kelas.

Selain itu, Kabin 777-9 juga dilengkapi dengan lebih banyak ruang. Ini empat inci lebih lebar dari varian 777-8, meskipun memiliki lingkar luar yang sama dengan pesawat yang lebih tua. Boeing telah memahat dinding interior untuk ruang tambahan, sampai ke belakang kabin.

Untuk diketahui, 777X melakukan penerbangan perdananya pada Januari 2020 dan juga mengudara di Dubai Airshow November lalu.

Pada Bulan Februari, Boeing memenangkan pesanan peluncuran dari Qatar Airways untuk versi kargo baru 777-8, jet kargo bermesin ganda terbesar di dunia.

Pesawat ini memiliki muatan tertinggi dan penggunaan bahan bakar, emisi, dan biaya operasi terendah per ton dari setiap kapal barang besar, menurut Boeing. Ini akan menawarkan peningkatan 25 persen dalam efisiensi bahan bakar sekaligus mengurangi emisi dan biaya operasi dengan besaran yang sama.