Ucapkan <i>Minal Aidin Wal Faizin</i>, Menkopolhukam Mahfud MD: Jangan Buru-Buru, Kalau Lelah Segera Istirahat
Menkopolhukam Mahfud MD. (Foto: Twitter @mohmahfudmd)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memiliki sejumlah pesan kepada para masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2022.

Mahfud MD mengingatkan para pemudik Lebaran 2022 untuk tidak terburu-buru dalam perjalanan. Dia juga meminta silaturahmi dilakukan dengan baik.

"Kepada seluruh kaum Muslimin dan warga negara Indonesia yang akan melakukan mudik Lebaran, saya berpesan nikmati keindahan Lebaran ini. Oleh karena itu, hati-hati di jalan. Jangan terburu-buru. Kalau lelah, istirahat," kata Mahfud MD dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, sebagaimana dinukil Antara, Sabtu 30 April.

"Kemudian, lakukan silaturahim dengan baik. Semoga Anda selamat di dalam perjalanan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” lanjutnya.

Sebelumnya, Mahfud telah meninjau pelaksanaan dan pengamanan arus mudik di Command Center Patroli Jalan Raya Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta dan memantau kondisi penanganan keamanan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat 29 April.

Dalam kunjungan tersebut, Mahfud berpesan mengenai pentingnya menciptakan perasaan saling pengertian dan kerja sama antara aparat yang mengatur di lapangan dengan masyarakat yang melakukan perjalan. Harapannya agar mudik menjadi sesuatu yang dapat dinikmati.

Ia mengingatkan aparat agar berkomunikasi secara lebih bersahabat dan bijaksana dengan masyarakat yang memiliki beragam pengalaman, pemahaman, dan tingkat pendidikan.

Sebaliknya, ujar dia menambahkan, masyarakat sebagai pemudik juga perlu memahami bahwa petugas di lapangan bekerja berdasarkan prosedur dan aturan.

"Oleh karena itu, harus kooperatif kalau diatur, misalnya disuruh berhenti dahulu dan diarahkan jalannya," kata Mahfud.

Pada hari yang sama, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga memantau kesiapan Posko Pengamanan Aparat Gabungan TNI/Polri dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Mahfud mengapresiasi posko koordinasi gabungan yang senantiasa bekerja untuk keamanan pemudik.