Pentingnya Menyelaraskan Kemajuan Budaya dengan Melek Digital
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bakti Kominfo dan DPR RI mengajadakan Webinar dengan tema "Kemajuan Budaya Dengan Melek Digital", pada Jumat 22 April. Acara Webinar ini diisi oleh beberapa narasumber dan pemateri.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Wiryanta, selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen IKP, Kemkominfo. Beliau memaparkan materi yaitu tentang mengembangkan budaya dengan mentransformasikan teknologi digital.

"Dengan adanya transformasi digital/ adanya teknologi yang sekarang, kita harus memanfaatkan teknologi dengan mendorong kemajuan budaya, salah satunya pada seni itu sendiri, bagaimana masyarakat itu bisa melestarikan budaya tersebut dengan teknologi," jelasnya

Rizki Sadig, selaku Anggota Komisi I DPR RI juga menyampaikan materi seputar digitalisasi yang bisa menjadi sarana pemerintah dalam mempertahankan nilai-nilai budaya masyarakat. Salah satunya tentang masalah batik, wayang, dan lain-lain.

"Hal ini bisa melalui konten-konten yang terdapat pada era digital yang kemudian menjadi sarana pemerintah dalam menjaga nilai-nilai historis dalam mengembangkan dan melestarikan budaya. Angkatlah konten-konten lokal yang ada pada sekeliling kita. Baik itu konten masak, tarian, dan budaya yang lainnya. Jika masyarakat bisa mengapresiasinya, itu bisa menjadi salah satu promosi dan sarana pemerintah dalam menjaga nilai-nilai historis budaya" jelas Rizki.