Anies Larang Peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Main HP Saat Perjalanan, Kenapa?   
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan peserta mudik dan balik gratis angkutan lebaran tahun 2022, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur./FOTO: Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan peserta mudik dan balik gratis angkutan lebaran tahun 2022, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Kepada para peserta mudik gratis, Anies memberi pesan untuk tidak menghabiskan waktu perjalanan dengan bermain ponsel masing-masing

"Bapak-Ibu semuanya punya HP tidak? Bapak-Ibu sekalian, HP ini dipake untuk komunikasi. Begitu perjalanan dimulai, HP-nya disimpan baik baik jangan dipakai sepanjang jalan," kata Anies di lokasi, Rabu, 27 April.

Anies punya alasan atas permintaannya ini. Kata dia, para peserta mudik lebih baik menggunakan kesempatan perjalanan menuju kampung halaman untuk bercerita kepada anaknya tentang perjalanan hidup mereka hingga pemandangan sepanjang jalan.

"Ceritakan perjalanan hidup Bapak-Ibu sekalian, kenapa dulu sampai di Jakarta, bagaimana kisahnya berangkat dari kampung dulu. Tunjukkan titik sepanjang perjalanan yang menggambarkan keindahan Indonesia. Tunjukkan negeri ini negeri yang indah, biar anak-anak kita sepanjang perjalanan memiliki pengalaman," urai Anies.

Anies menjelaskan, selama dua tahun terakhir kegiatan mudik tidak dilaksanakan karena kondisi kasus COVID-19 yang masih mengkhawatirkan. Setelah kondisi tersebut terkendali, akhirnya pada tahun 2022 dapat kembali diselenggarakan kegiatan mudik dan balik gratis.

Seluruh armada yang digunakan pada acara mudik gratis, telah dilakukan ramp check guna memastikan kondisi kendaraan laik jalan, begitu juga dengan pengmudinya telah dilakukan cek kesehatan.

"Selanjutnya pada setiap armada yang diberangkatkan terdapat petugas pendamping (LO). Mereka akan mendampingi sampai dengan tujuan akhir, maupun nanti saat mudik balik kembali ke Jakarta. Petugas LO tersebut merupakan perpanjangan tangan Pemprov DKI untuk memastikan perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan," jelas Anies.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik gratis pada tahun ini. Pemprov DKI menyiapkan kuota 19.680 peserta mudik gratis dengan rincian 11.480 mudik dan 8.000 arus balik.

Pemprov DKI menyediakan 17 lokasi tujuan yang tersebar ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Palembang dengan keberangkatan bus penumpang dari terminal Pulogebang dan keberangkatan truk sepeda motor dari Terminal Pulogadung.