257.383 Kendaraan Masuk ke Kota Solo pada H-7 Lebaran 2022
Ilustrasi jalur mudik Lebaran 2022. (Antara)

Bagikan:

SOLO - Sebanyak 257.383 kendaraan masuk ke Kota Solo pada H-7 Lebaran 2022. Angka arus lalu lintas itu meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan, untuk jumlah kendaraan yang keluar Solo per Senin 25 April sebanyak 271.242 kendaraan.

"Kalau dibandingkan antara H-7 Lebaran tahun ini dengan H-7 lebaran tahun lalu terjadi kenaikan sebesar 68,63 persen," katanya di Solo, dikutip Antara, Selasa 26 April.

Sedangkan jika dibandingkan dengan H-7 Lebaran tahun 2019 atau sebelum pandemi COVID-1 ada kenaikan volume lalu lintas sebanyak 16,84 persen.

Ia mengatakan untuk tujuh lokasi batas kota tersebut, yakni Kleco, Tugu Makhuto, Klodran, Jongke, Jurug, jalan lingkar utara, dan Dawung.

"Hal ini menunjukkan arus lalu lintas yang meningkat. Ada potensi pertambahan kedatangan pemudik dan juga adanya peningkatan arus lalu lintas regional Solo Raya," tuturnya.

Selain itu, dikatakannya, kenaikan arus lalu lintas tersebut juga sebagai dampak dari meningkatnya kegiatan harian masyarakat, salah satunya belanja untuk kebutuhan Lebaran.

Sementara itu, pantauan di lapangan pada Selasa 26 April siang terjadi kepadatan di sejumlah titik di Kota Solo, di antaranya di Jalan Ronggo Warsito, Jalan Radjiman, dan seputaran Pasar Gede.