Komisi II DPR Bahas Lagi Anggaran Pemilu 2024 Setelah Libur Lebaran
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR RI memastikan akan membahas agenda tahapan dan anggaran Pemilu 2024 sesudah lebaran Idulfitri 2022. Dan bisa rampung sebelum pertengahan tahun ini.

Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus, mengatakan, mereka menargetkan pembahasan tahapan dan anggaran pemilu selesai pada masa reses. Dengan begitu, pembahasan dapat diselesaikan secara tuntas sebelum sidang paripurna masa sidang IV DPR RI pada 17 Mei 2022.

"Pada awalnya direncanakan kembali membahas tahapan dan anggaran Pemilu 2024 pada 21-23 April 2022. Namun dengan berbagai pertimbangan, ditunda di atas tanggal 10 Mei 2022 atau setelah lebaran," ujar Guspardi Gaus kepada wartawan, Jumat, 22 April.

Diketahui, DPR RI telah menutup masa persidangan dan tengah menjalani masa reses sejak 15 April hingga 16 Mei mendatang.

Guspardi melanjutkan, Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU-Bawaslu optimistis target penyelesaian pembahasan tahapan dan anggaran pemilu bisa tercapai.

"Apalagi, drafnya sudah ada, tinggal disisir dan dicermati kembali setiap mata anggarannya," kata politikus PAN itu.

Menurut Guspardi, kondisi keuangan negara yang sedang 'tidak baik-baik saja' akibat pandemi COVID-19 harus menjadi pertimbangan dalam menyusun anggaran pemilu 2024 ini. Sehingga pembahasan anggaran harus dicermati dengan berbagai pertimbangan.

"Komisi II menekankan pentingnya menerapkan prinsip tahapan dan anggaran pemilu secara efektif dan efesien serta tercapai kesepahaman untuk selanjutnya di tetapkan secara resmi," pungkasnya.