Jalan Lahat Menuju Empat Lawang Sudah Diperbaiki, Kendaraan Berbobot di Bawah 3 Ton Dapat Melintas
Jalan Lahat menuju Empat Lawang diperbaiki sementara. (Antara)

Bagikan:

SUMSEL - Akses jalan lintas Kabupaten Lahat menuju Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, kini sudah dapat dilalui kendaraan setelah rusak berat lantaran ambruk.

Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Lahat Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatera Selatan (Sumsel) menekankan, kendaraan yang dapat melewati jalan lintas tersebut untuk sementara hanya yang berbobot maksimal tiga ton.

"Sementara ini sudah bisa dilalui untuk kendaraan bertonase maksimal tiga ton," kata Hendry di Lahat, dikutip dari Antara, Selasa 19 April.

Menurut dia, PUBM-TR menargetkan akses jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan secara normal paling telat pada Rabu 20 April pagi, dengan memasangkan jembatan bailey.

"Sembari kami menyegerakan perbaikan yakni memasang bronjong dan dilakukan penimbunan di jalan itu sehingga arus lalu lintas segera kembali normal,” ujarnya.

Sebelumnya, jalan yang berada di Desa Muara Payang, Kecamatan Muara Payang, Kabupaten Lahat itu ambruk hingga sedalam lebih dari satu meter pada, Selasa 19 April pagi.

Jalan tersebut ambruk diduga karena adanya aliran air di bawah pondasi yang diperparah oleh hujan intensitas deras pada Senin 28 April malam.

Petugas PUBM-TR memperkirakan aliran air dipondasi itu sudah ada sejak lama yang berasal dari kolam warga sisi sebelah kiri jalan, sehingga membuat rongga dibawah jalan dan ambruk saat dibebani kendaraan yang melintas.

Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas di sana sempat terputus baik dari arah Lahat, Pagaralam ataupun Pendopo beberapa waktu hingga kembali kondusif sejak sekitar pukul 16.00 WIB, setelah dikerahkan alat berat memasang box culvert dibantu dengan aparat TNI/Polri dan warga setempat.

"Kami terus melakukan percepatan perbaikan sehingga tidak ada hambatan lalulintas jalan raya menyambut arus mudik lebaran," tandasnya.