Sandiaga Uno Minta Pemudik Patuhi Prokes Wanti-wanti Cegah Kasus Baru
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengimbau calon pemudik lebaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, khususnya melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sandiaga menjelaskan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait persiapan sektor parekraf guna menyambut masa mudik lebaran nanti.

"Jadi ini untuk protokol kesehatan, vaksinasi aktivasi. Aktivasi dari usaha-usaha pariwisata dan juga bagaimana menyiapkan petugas di pintu masuk. Menyiapkan scan aplikasi PeduliLindungi yang sempat hits kemarin. Tapi betul-betul untuk melindungi kita," terang Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual seperti keterangan tertulis, Selasa 19 April.

Sandiaga menilai aktivitas libur lebaran nanti akan menjadi kabar baik bagi para pelaku parekraf.

Sebab, selama Idulfitri dua tahun ke belakang, yakni selama pandemi, sektor parekraf menjadi salah satu yang terdampak paling parah. Sehingga, di tahun ini akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi bagi masyarakat.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan pihaknya melihat rata-rata pengeluaran wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 48 juta pemudik. Diprediksi ada Rp72 triliun pendapatan yang akan diraih oleh para pelaku parekraf.

"Jadi Rp72 triliun ini kemungkinan bisa lebih, jika kita perhitungkan lama masa liburan yang diperpanjang," katanya.