Semua Mulai Kembali Normal, Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Libur Meningkat
Photo by Arkananta Adi Budicahyono on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - KAI Commuter mencatat tren kenaikan pengguna KRL Jabodetabek pada hari libur sebesar 7 persen dari pekan sebelumnya di bulan Ramadan ini.

Kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, pada akhir pekan minggu pertama bulan April, rata-rata volume penumpang KRL Jabodetabek sebesar 354.965 orang. Lalu, terdapat penambahan volume penumpang pada minggu kedua menjadi 378.860.

Selanjutnya, kata Anne, penumpang pada minggu ketiga bertambah hampir 30 ribu penumpang.

"Rata-rata volume pada hari libur pekan ini sebanyak 405.467 pengguna," kata Anne dalam keterangan tertulis, Senin, 18 April.

Lebih lanjut, KAI Commiter memprediksi kenaikan pengguna KRL jelang libur hari raya Idulfitri akan kembali terjadi. Kenaikan itu bisa mencapai 7 persen dari pekan ini.

Sementara itu, rata-rata volume pengguna KRL pada hari kerja sepanjang bulan April ini, sebanyak 560 ribu lebih atau lebih tinggi 52 persen dibanding rata-rata pengguna pada hari libur yaitu sebesar 368 ribu lebih pengguna.

Anne melanjutkan, mulai 4 April lalu, KAI Commuter mengoperasikan 1.053 perjalanan di wilayah Jabodetabek dengan waktu operasional mulai pukul 04.00–24.00 WIB setiap harinya.

Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna, operasional pelayanan perjalanan KRL pada tiap lintasnya juga ditambah, yaitu lintas Cikarang-Jakarta Kota PP, KAI Commuter melayani 215 perjalanan per harinya.

Lalu pada lintas Bogor-Jakarta Kota PP melayani 237 perjalanan per hari, lintas Bogor-Jatinegara PP 201 perjalanan per hari, Lintas Rangkasbitung-Tanah Abang 218 perjalanan per hari, Lintas Tangerang-Duri PP 108 perjalanan per hari, serta lintas Tanjung Priok-Jakarta Kota PP 74 perjalanan per hari.

Persebaran pengguna KRL pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi, yaitu pukul 06.00–09.00 WIB, serta pada jam-jam sibuk sore, mulai pukul 16.00–18.00 WIB.

"Bagi pengguna KRL yang akan kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja esok hari, diimbau dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lengang," imbuhnya.