Anies Minta BUMD Bank DKI Ciptakan Ekosistem Modern untuk Nasabah Hingga UMKM
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta BUMD Bank DKI untuk meningkatkan modernisasi ekosistem perbankan untuk nasabahnya, termasuk para pelaku UMKM yang ikut serta dalam program layanan mereka.

Hal ini Anies ucapkan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-61 Bank DKI yang dilihat dalam akun YouTube Bank DKI.

"Diharapkan Bank DKI menciptakan ekosistem perbankan yang tidak hanya modern, aman, dan nyaman untuk semua kalangan, tapi juga termasuk bagi UMKM dan pelaku-pelaku usaha di Jakarta," kata Anies dikutip pada Jumat, 15 April.

Anies pun meyakini Bank DKI mampu menjawab tantangan zaman untuk mengatasi kebutuhan perbankan di masa kini dan masa depan. Caranya, dengan terus melakukan inovasi produk dan layanan perbankan digital, sehingga nasabah merasa lebih aman, nyaman dan efisien saat bertransaksi.

"Insyaallah Bank DKI akan terus maju berkembang dan tentu saja kerja bersama kita akan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saya berharap inovasi produk dan inovasi layanan pebankan digital terus dilakukan oleh Bank DKI," tutur Anies.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengungkapkan pihaknya memiliki sejumlah inovasi layanan yang mempermudah transaksi perbankan.

Salah satunya adalah JakOne Mobile. Aplikasi layanan keuangan ini terdiri dari mobile banking dan mobile wallet yang dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

Tercatat, per Desember 2021 jumlah pengguna JakOne Mobile mencapai 1,51 juta pengguna. Dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp15,48 triliun, serta volume transaksi mencapai 18,38 juta transaksi.

"Kami berharap JakOne Mobile dapat memenuhi kebutuhan komunitas usia muda atau pelajar yang menginginkan berbagai kemudahan transaksi keuangan, cepat, praktis, dan paling penting lagi aman dalam genggaman," ucap Herry beberapa waktu lalu.

Pada fasilitas pembiayaan, Bank DKI juga melakukan digitalisasi dengan menghadirkan e-Form Micro Finance. "Layanan ini dapat digunakan nasabah untuk mengajukan permohonan pembiayaan mikro Bank DKI secara online," ujarnya.

Selain itu, Bank DKI juga memiliki ragam produk digital seperti e-Form Micro Finance, JakOne Abank, e-Order, dan scan to pay QRIS yang dapat menunjang pengembangan UMKM.