Jelang Mudik, Terminal Kampung Rambutan Uji Kelayakan Puluhan Bus
Uji emisi di Terminal Kampung Rambutan/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur menguji kelayakan puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari berbagai perusahaan otobus sebelum memasuki arus mudik tahun ini.

Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan Tito Hendarto di Jakarta, Kamis 14 April, mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memastikan kondisi bus layak jalan.

"Kalau hari ini sudah sekitar puluhan karena baru tadi pagi sampai siang. Kita, satu hari sampai 20 hingga 25 kendaraan," kata Tito.

Tito menambahkan bahwa apabila ditemukan bus yang tak layak jalan akan dikembalikan ke perusahaan otobus masing-masing untuk dilakukan perbaikan.

"Kalau sudah tidak bisa ditolerir, kita kembalikan ke perusahaannya agar bisa diperbaiki dahulu baru bisa jalan," ujar Tito.

Tito mengatakan selain kelayakan bus pihaknya juga rutin melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan dari pengemudi bus AKAP.

Dia menjelaskan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap pengemudi bus tersebut di antaranya pengecekan tensi darah hingga tes urine.

"Pemeriksaan kesehatan pengemudi bersama tim kesehatan dari berbagai kecamatan," kata Tito.