Semua Bakal Calon Kepala Daerah yang Positif COVID-19 Telah Sembuh
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Evi Novida Ginting Manik menyebut semua bakal pasangan calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada 2020 telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Berdasarkan akumulasi data tahapan penetapan pendaftaran, semua bapaslon sudah negatif COVID-19," kata Evi dalam pesan singkat, Senin, 5 Oktober.

Saat ini, delapan bakal calon kepala daerah yang telah sembuh dari COVID-19 dalam waktu dekat akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah dan mendapat nomor urut.

Dengan begitu, total kabupaten/kota yang sudah melakukan penetapan sebanyak 260 kabupaten/kota dari 261 kabupaten/kota. Total bapaslon bupati dan wakil bupati dan/atau wali kota dan wakil wali kota yang memenuhi syarat sebanyak 699 Calon.

Kemudian, total bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi syarat sebanyak 24 calon. Semua pasangan calon di tingkat provinsi mendaftar lewat jalur partai politik atau gabungan partai politik.

Terpisah, Komisioner KPU I Dewa Raka Sandi menyebut, selama belum sembuh, bakal calon tidak bisa menjalani tahapan berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan, penetapan sebagai pasangan calon, hingga masa kampanye.

Jika saat masa kampanye telah dimulai pada 26 September, namun belum menjalani pemeriksaan kesehatan, calon itu belum bisa melakukan kampanye.

"Kalau pasangan ini, saat masa kampanye tiba belum bisa melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga belum bisa ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU, maka jadwal kampanye dia juga bisa mundur," kata Dewa.

Dewa menjelaskan, semua bakal pasangan calon, idealnya bisa mengikuti keseluruhan tahapan secara bersama-sama, sehingga ada aspek kesetaraan perlakuan dan keadilan. Namun, situasi pandemi COVID-19 akan mengakibatkan adanya jadwal yang kemudian tidak bisa bersamaan diikuti oleh bakal pasangan calon.

Berikut adalah pasangan calon yang salah satunya terpapar COVID-19 dan dinyatakan telah sembuh: 

1. Pemilihan Wali Kota Sibolga, Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan

2. Pemilihan Bupati Serdang Gedagai, Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novani

3. Pemilihan Bupati Kepualauan Meranti, Said Hasyim dan Abdul Rauf

4. Pemilihan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir, Heri Amalindo dan Soemarjono

5. Pemilihan Bupaten Malang, Heri Cahyono dan Gunadi Handoko

6. Pemilihan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Riston Mokoagow dan Selvia Abdul Wahab Van Gobel

7. Pemilihan Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dan Andi Muh. Rio Patiwiri

8. Pemilihan Bupati Luwu Utara, Arsyad Kasmar dan Andi Sukma