Cawabup Kotawaringin Timur Irawati Positif COVID-19: Jaga Kesehatan
Calon wakil bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Irawati (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Irawati mengumumkan secara terbuka bahwa dirinya positif COVID-19. Saat ini dia sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Saat ini saya bersama keluarga sedang berada di salah satu rumah sakit untuk menjalani isolasi karena hasil swab atau PCR kami dinyatakan positif COVID-19," kata Irawati di Sampit, dilansir Antara, Senin, 14 Desember.

Pernyataan itu disampaikan Irawati melalui rekaman video berdurasi 49 detik. Dalam video tersebut, Irawati duduk didampingi putranya yang disebutkan juga terkonfirmasi positif COVID-19.

Calon wakil bupati yang dalam pemilu kepala daerah Rabu (9/12) lalu berpasangan dengan calon bupati Halikinnor ini mengaku dalam kondisi stabil. Dia menyampaikan informasi tersebut supaya masyarakat, khususnya yang pernah kontak erat bisa memeriksakan diri.

Irawati memohon kepada masyarakat Kotawaringin Timur untuk mendoakan agar dirinya dan keluarganya cepat sembuh, pulih dan diangkat semua penyakitnya. Dia juga mendoakan seluruh masyarakat Kotawaringin Timur agar selalu sehat.

"Saya berpesan jaga kesehatan, gunakan masker, hindari kerumunan dan selalu cuci tangan karena COVID-19 itu ada," kata Irawati.

Video rekaman penyampaian Irawati terjangkit COVID-19 dengan cepat beredar, termasuk di grup Karang Taruna karena Irawati yang mantan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah itu memang pengurus Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Dukungan pun disampaikan masyarakat, rekan dan sahabat kepada perempuan yang merupakan adik kandung Bupati Supian Hadi. Semua mendoakan agar Irawati dan keluarganya tetap bersemangat dan segera sembuh dari COVID-19.

Irawati pun menanggapi banyaknya dukungan moril dan doa yang mengalir dari masyarakat. Dia berharap segera sembuh dari COVID-19 sehingga bisa kembali beraktivitas.

"Aamiin ya rabbal alamin. Alhamdulillah. Terima kasih banyak atas doanya semuanya. Salam untuk keluarga. Jaga kesehatan dan semoga kita semua dalam lingkungan Allah SWT. Amin," ucap Irawati menanggapi doa yang disampaikan masyarakat, termasuk melalui grup percakapan Karang Taruna.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid mengapresiasi sikap terbuka Irawati tentang kondisinya yang terpapar COVID-19. Ini sudah seharusnya dilakukan sebagai tanggung jawab moril sebagai tokoh yang banyak bertemu dengan masyarakat, apalagi penyakit ini bukanlah aib.

"Beliau menyampaikan ini sebagai sikap sportif dan terbuka beliau sebagai calon pemimpin daerah. Kita doakan Bu Irawati dan putranya segera sembuh," ucap Hafid.

Menurut Hafid, pengakuan Irawati ini juga sebagai kesadaran untuk membantu Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dalam melakukan pelacakan untuk mencegah virus mematikan itu meluas.

"Bagi yang merasa ada kontak erat dengan Bu Irawati, lebih baik memeriksakan diri. Saya juga sudah memeriksakan diri, alhamdulillah hasilnya nonreaktif," demikian Hafid.

Sementara itu berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur, hari ini ada penambahan kasus baru COVID-19 yakni 49 orang. Selain itu ada 20 pasien yang dinyatakan sembuh.

Secara kumulatif, jumlah kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur sudah sebanyak 958 kasus, terdiri dari 513 orang sembuh, 401 orang masih dirawat dan 34 orang meninggal dunia.