Sandiaga Uno Lewati Anies Baswedan di Survei Pilpres 2024, Ada di Urutan 3
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata Sandiaga Uno masuk dalam urutan tiga kandidat presiden paling populer atau punya elektabilitas tertinggi untuk Calon Presiden 2024. Persentasenya tembus 21,7 persen pada survei yang dilakukan oleh lembaga survei nasional Point Indonesia.

Hasil tersebut diambil dari survei terbaru mereka dengan tajuk 5 Calon Presiden atau Capres 2024 Pilihan Publik. Salah satu hal paling menarik adalah, Sandiaga Uno malah unggul dibanding salah satu capres potensial, Anies Baswedan, Senin 11 April.

Dalam simulasi 5 kandidat di survei ini, nama paling populer adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 28 persen. Lalu menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka 24,1 persen.

Anies sendiri ada di bawah Sandiaga dengan angka separuhnya saja yaitu 10,3 persen. Kemudian yang terakhir yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan angka 7,2 persen.

Survei dilakukan dari 11 hingga 22 Maret 2022 dengan metode Multistage Random Sampling dengan sebaran secara proporsional di 34 provinsi. Jumlah sampling sebanyak 1.916 responden dan margin of error kurang lebih 2,24 persen.

Oleh survei ini, Sandiaga dianggap salah satu tokoh populer dan disukai sehingga rutin menjadi percakapan.

"Orang Indonesia ingin melihatnya mencalonkan diri sebagai Presiden dan percaya bahwa dia adalah kandidat yang layak," kata Usma, peneliti senior Point Indonesia.

Bisa dibilang ini adalah kejutan jika membandingkan dengan hasil beberapa lembaga survei lainnya. Tahun lalu, Charta Politika yang melakukan survei pada 20-24 Maret 2021. Lembaga ini mencatat elektabilitas Prabowo menempati posisi teratas sebagai Capres 2024.

Dalam simulasi 12 nama, elektabilitas Menteri Pertahanan tersebut sebesar 19,6 persen. Di posisi berikutnya ada Ganjar dengan 16 persen, Anies sebesar 12,6 persen, Sandi 9,3 persen, dan Ridwan Kamil 8,1 persen.

"Ada tiga sosok calon kepala daerah dan dua sosok menteri," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin, 29 Maret 2021 silam.

Lalu pada 3 April 2022, ada Indikator Politik yang mengumumkan hasil survei mereka. Dalam simulasi 19 nama, survei ini menempatkan tiga nama teratas yaitu Prabowo 22,4 persen, Ganjar 21,6 persen, dan Anies 17,1 persen. Sementara, Sandiaga ada di urutan keenam dengan angka 4,7 persen.

Lalu saat dikerucutkan menjadi 7 nama, tiga nama teratas tetap Prabowo, Ganjar, dan Anies. Nama Sandi justru tidak masuk dalam simulasi 7 nama versi Indikator Politik.