Hasil Survei, Prabowo Menempati Urutan Pertama Disusul Ganjar dan Anies
Prabowo Subianto (Foto: Instagram @prabowo)

Bagikan:

JAKARTA – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra menempati urutan pertama, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari hasil survei Jaringan Survei Publik Indonesia (JSPI).

Dalam surveinya, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 24,5 persen. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 13,9 persen.

“Mayoritas mereka memilih Prabowo Subianto dengan persentase 24,5 persen,” kata Manajer Riset JSPI Yuyun Andriani dalam keterangan resmi, Rabu, 13 Januari.

Lalu di posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 13,4 persen, sedangkan posisi keempat ditempati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 9,1 persen.

Selain itu, dalam survei ini JSPI juga melakukan simulasi terhadap enam tokoh yang berpotensi terlibat di Pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, hingga Airlangga Hartarto. Para responden ditanya seberapa besar potensi mereka memilih salah satu dari tokoh tersebut jika maju dalam Pilpres 2024.

“Posisi tertinggi masih Prabowo sebesar 28,5 persen, kemudian Ganjar sebesar 15,1 persen, Anies 13,9 persen, Ridwan Kamil 13,2 persen, Sandiaga Uno 9,8 persen dan Airlangga 9,6 persen,” kata Yuyun.

Sebagai informasi, survei ini diselenggarakan mulai 9-21 Desember 2021 lalu di 34 Provinsi di seluruh Indonesia dengan melibatkan 1.520 responden yang masuk dalam kategori pemilik hak suara (the real voter) berusia 17 tahuh ke atas atau sudah menikah.

Survei ini juga dilakukan melalui tatap muka langsung dengan menggunakan metodologi multistage random sampling yang memiliki margin of error (MoE) 2,5 persen.