Warga Depok Patut Waspada, 3 Bulan Terakhir Damkar Evakuasi 67 Ular dari Pemukiman, Terbanyak Sanca
Petugas Damkar Depok mengevakuasi ular sanca (Foto: Pemkot Depok/Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok berhasil mengamankan 67 ular selama tiga bulan terakhir. Hewan liar tersebut dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos merinci, pada bulan Januari pihaknya berhasil mengamankan 16 ekor. Kemudian, Februari 18 ekor dan Maret 33 ekor.

Jenis ular yang masuk ke pemukiman warga ini beda-beda jenisnya. Malah damkar mengaku sempat juga menemukan ular kobra yang punya jenis racun mematikan.

Dikatakannya, puluhan ekor ular yang dievakuasi terdiri dari beberapa jenis yaitu sanca, kobra, welling dan ular ijo. Namun, sebagian besar di antaranya adalah sanca.

"Ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga ruang keluarga," kata Welman dikutip dari laman resmi Pemkot, Kamis 7 April.

Lebih lanjut, kata Welman, bagi warga yang membutuhkan bantuan kegawatdaruratan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280.

"Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," tutupnya.