Arus Lalu Lintas di Cianjur Meningkat Menjelang Ramadan
Etugas Lantas Polres Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, disiagakan di Tugu Lampu Gentur-By Pass, sebagai upaya antisipasi terjadinya antrian panjang kendaraan satu hari menjelang Ramadan. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Bagikan:

JAKARTA - Sehari menjelang bulan suci Ramadan, kepadatan arus lalu-lintas kendaraan terjadi di jalur utama Cianjur, Jawa Barat, Sabtu petang, termasuk menuju sejumlah wilayah selatan Cianjur, yang didominasi kendaraan bernomor registrasi luar kota sehingga puluhan petugas Satlantas Polres Cianjur disiagakan.

KBO Lantas Polres Cianjur, Inspektur Polisi Satu Yudistira, di Cianjur Sabtu, mengatakan, peningkatan volume kendaraan dari luar kota Cianjur, sudah terlihat sejak tiga hari terakhir, didominasi kendaraan pribadi dengan tujuan berbagai wilayah di Cianjur.

"Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan dan antrian panjang kendaraan setiap titik rawan kemacetan seperti jalur utama Puncak-Cianjur, jalan protokol hingga jalur selatan, kami sudah mempersiapkan sejumlah personil untuk mengantisipasi macet total," katanya.

Tingginya volume kendaraan pendatang dan pemudik berbaur dengan kendaraan warga yang usai melakukan tradisi papajar atau makan-makan sebelum memasuki bulan puasa sehingga sejumlah jalur di pusat kota hingga pinggiran kota menjadi padat.

Personel Satlantas Polres Cianjur akan terus disiagakan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di beberapa titik ruas jalan yang rawan terjadi antrean panjang kendaraan termasuk di jalan protokol dan jalur selatan berkoordinasi dengan jajaran Polsek.

“Nanti di setiap titik ruas jalan yang dinilai akan terjadinya kemacetan, petugas dari Satuan Lalu-lintas disiapkan untuk mengatur arus lalu-lintas agar tidak terjadi antrian,” katanya.

Pantauan ANTARA hingga Sabtu petang, volume kendaraan yang memasuki kota dan jalur selatan Cianjur, terus meningkat. Antrian kendaraan dengan laju tersendat terlihat mulai dari Bundaran Tugu Lampu Gentur-By Pass dan Bundaran Pasirhayam menuju wilayah selatan dan sejumlah jalur menuju wilayah utara.

Puluhan petugas disiagakan dititik rawan macet seperti Jalan Raya Cianjur-Cianjur selatan, Jalan Raya Cianjur-Sukabumi dan Jalan Raya Bandung-Cianjur guna mengurai antrian agar tidak menyebabkan macet total menjelang Ramadan. Volume kendaraan terus bertambah di jalur protokol dan jalur selatan Cianjur menjelang malam.