Jalur Puncak Bogor Menuju Cianjur dan Sebaliknya Lancar, Polisi: Karena Suasana Puasa
Jalur Puncak Bogor di Jawa Barat. (Antara)

Bagikan:

BOGOR - KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengungkapkan Jalur Puncak Bogor menuju Cianjur dan sebaliknya hingga Minggu 17 April sore normal tanpa antrean kendaraan. Lalu lintas berjalan normal meski volume kendaraan meningkat selama libur panjang akhir pekan.

Iptu Yudistira menjelaskan, antrean dengan laju kendaraan tersendat terlihat di pertigaan menuju tempat wisata seperti Hanjawar, Pertigaan Cibodas, dan Jalan Raya Pacet, hanya berlangsung selama beberapa menit.

"Antrean tidak sampai memanjang, hanya terhambat arus keluar masuk kendaraan ke tempat wisata dan hotel. Meski tidak terlihat antrean, upaya antisipasi tetap dilakukan dengan menempatkan puluhan anggota di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur," katanya, dikutip dari Antara, Minggu 17 April.

Tidak terlalu padatnya lonjakan kendaraan selama libur panjang akhir pekan kali ini, ungkap dia, karena penerapan ganjil genap yang sudah dilakukan sejak Jumat 15 April, mulai dari keluar Tol Ciawi-Bogor dan dari arah Bandung menuju kota Cianjur sehingga dapat menekan jumlah kendaraan pendatang.

"Karena penerapan ganjil genap, ditambah suasana puasa, sehingga arus kendaraan pendatang tidak terlalu tinggi, namun untuk antisipasi rekayasa arus akan dilakukan menjelang malam, kalau terjadi antrean menuju Bogor tersendat," tuturnya.

Pantauan hingga petang Jalur Puncak-Cianjur masih normal dengan arus kendaraan menuju arah Bogor terus meningkat yang didominasi pendatang yang hendak kembali ke daerah asalnya setelah berlibur di kawasan Puncak-Cipanas.

Tidak terlihat antrean panjang di sejumlah titik rawan, seperti Jalur Puncak-Cipanas, atau Cipanas-Cianjur, hanya laju kendaraan tersendat akibat kendaraan yang keluar masuk hotel dan tempat berbelanja di sepanjang Jalur Cimacan hingga Pasar Cipanas.