Heboh Ribut Penumpang Pesawat Lion Air dengan Petugas, Pengamat Nilai Ada Komunikasi yang Kurang Tepat
Tangkapan layar video keributan petugas dengan penumpang Lion Air di Bandara Soekarno Hatta

Bagikan:

TANGERANG - Viral sebuah video di media sosial seorang penumpang di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) bertikai dengan petugas. Video berdurasi 1 menit 24 detik tersebut diduga akibat terjadinya penumpukan dan delay yang terjadi pada maskapai penerbangan Lion Air.

Dalam video tersebut terlihat seorang petugas Lion Air berseteru dengan salah seorang penumpang wanita di bandara tersebut.

Kericuhan ini juga sontak membuat penumpang lain geram dan bersorak. Dalam video ini juga terlihat seorang lelaki berkacamata menanyakan ihwal bagasi miliknya.

"Bagasi saya mana, bagasi saya dimana," tanya dia pada petugas tersebut.

Video tersebut diduga terjadi di lokasi pengambilan bagasi salah satu terminal Bandara Soetta.

Danang Mandala Prihantoro Corporate Communication Strategic Lion Air mengaku belum mengetahui insiden tersebut.

"Sebentar saya cek dahulu yah," singkat dia, Senin, 28 Maret.

Menyikapi persoalan ini Komunikolog Politik dan Kebijakan Publik Tamil Selvan mengatakan bahwa sikap gagal komunikasi yang kerap ditunjukan oleh petugas maskapai sering menjadi pemicu memanasnya suasana terhadap para penumpang.

"Memang kita lihat para petugas maskapai ini sering gagal dalam komunikasi, sehingga memicu emosi penumpang. Saya kira reaksi para penunpang itu wajar, karena mereka adalah pihak yang dirugikan," ungkapnya.

Lebih lanjut Kang Tamil meminta agar semua pihak mengawal kasus ini, dan mendorong pihak maskapai mendapatkan sanksi kode etik.

"Ini harus dikawal ya, jangan peristiwanya dingin begitu saja. Saya pribadi mendorong agar pihak maskapai diperiksa secara kode etik oleh kementerian perhubungan," tandasnya.