Mengaku Perwira, Pria yang Pasang Pelat Nomor Polisi Palsu di Mobil Fortuner, Janji Ingin Menikahi Seorang Perempuan
Pria yang mengaku perwira dan memasang nopol palsu di mobil Fortuner/ Foto: Antara

Bagikan:

BOGOR - Polres Bogor menangkap seorang pemuda berinisial ZP (28) yang kedapatan mengendarai mobil dengan menggunakan pelat nomor polisi (nopol) palsu saat melintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Diberhentikan petugas. Kami periksa dan pelaku mengaku perwira Polri. Tapi setelah diperiksa ternyata identitasnya palsu," ungkap Kepala Polres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Polres Bogor, Senin, 28 Maret.

Iman menyebutkan, saat peristiwa terjadi, kepolisian mendapati adanya tiga kendaraan beriringan melaju menuju Puncak dengan menggunakan pelat nomor dinas Polri. Tiga kendaraan tersebut yakni Toyota Fortuner, Toyota Rush dan Toyota Kijang Innova.

Iman menjelaskan bahwa ZP merupakan pengendara mobil Fortuner, sementara dua lainnya hingga kini masih diperiksa penyidik.

“Mereka mengaku tidak saling kenal. Tapi masih kami dalami. Yang dua itu diduga pengguna narkoba. Mereka tidak saling kenal. Yang pakai pelat dinas polisi juga hanya si ZP ini yang mengendarai Fortuner,” kata dia.

Ia mengatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman pidana enam tahun penjara.

“Ini sudah mencoreng nama baik kepolisian. Jadi harus ditindak,” ujarnya.

Sementara, Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Siswo Tarigan, di tempat yang sama, menyebutkan bahwa motif pelaku menggunakan pelat nomor polisi yaitu agar terlihat keren untuk menggaet perempuan.

“Jadi dia kenalan sama perempuan, ngakunya sebagai anggota polisi dan janji menikahi perempuan tersebut,” kata dia.

Ia menjelaskan, di dalam ketiga kendaraan tersebut terdapat perempuan yang diduga merupakan korban aksi penipuan oleh pelaku.

“Bersamaan kendaraan yang kami periksa, ada beberapa orang perempuan di dalamnya,” tuturnya