Pembangunan JIS Selesai Bulan Ini, Anies: Akhirnya 13 Tahun Penantian Temui Ujungnya
Jakarta International Stadium

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara akan selesai pada bulan ini. Dengan demikian, keinginan masyarakat Jakarta untuk memiliki stadion bakal tercapai setelah 13 tahun direncanakan oleh pemerintah.

"Garis kebijakan yang kita ambil adalah tuntaskan ini dan insyaallah di Maret 2022 stadion ini akan tuntas 100 persen. Akhirnya, 13 tahun penantian menemui ujungnya dan JIS siap untuk menampung warga Jakarta, warga Indonesia, dan warga dunia untuk hadir di tempat ini," kata Anies dalam tayangan Youtube Anies Baswedan, dikutip pada Senin, 28 Maret.

Anirs memaparkan riwayat perencanaan pembangunan stadion bertaraf internasional ini. Semuanya bermula dari rencana Pemprov DKI era Gubernur Fauzi Bowo atau Foke, mengubah Taman BMW menjadi stadion olahraga.

Pada tahun 2009, rencana pembangunan stadion dimulai. Di tahun yang sama, stadion kepunyaan DKI, Stadion Lebak Bulus pun dibongkar karena akan dibangun lahan pembangunan depo MRT.

Lalu, Fauzi Bowo menetapkan pembangunan JIS di lahan Taman BMW. Setelah menggusur bangunan-bangunan liar di sana, rencana pembangunan pun dimulai.

Kemudian pada 2014, Presiden Joko Widodo, saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, kembali mencanangkan pembangunan stadion di Taman BMW. Tapi, waktu itu tak berjalan mulus. Pembangunan stadion BMW masih terkendala sengketa lahan.

Ketika Anies menjabat sebagai Gubernur DKI, demi mewujudkan janji kampanyenya di Pilgub DKI 2017, perencanaan pembangunan stadion dilanjutkan. Anies mengubah namanya menjadi Jakarta International Stadium (JIS).

"Proses panjang ini alhamdulillah kita akhiri penantian menemukan ujungnya di bulan September 2019 dimulai groundbreaking pembangunan JIS waktu itu di rencanakan selesai pada Desember 2021," urai Anies.

Sayangnya, ketika pembangunan telah berjalan selama 6 bulan, pandemi COVID-19 terjadi pada Maret 2020. Pembangunan pun terhambat. "Itu berdampak bagi proses pembangunan karena sebagian dari logistik logistik yang harus di kirimkan tidak bisa di kirimkan karena terhambat akibat mobilitas yang terganggu," ungkap Anies.

Sampai akhirnya, pembangunan ditargetkan selesai pada bulan ini. Stadion megah ini dirancang dengan kapasitas 82 ribu penonton. Keunggulannya, JIS dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis atau retractable roof. Kemudian, terdapat juga sky-viewing deck dengan ketinggian 70 meter.