Novel Baswedan Tawarkan Bantuan Tangkap Harun Masiku, Deputi KPK: Saya Tidak Pernah Dengar Kata-kata Itu
Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto menegaskan tak pernah mendengar langsung tawaran dari eks penyidik KPK Novel Baswedan untuk mencari eks caleg PDIP Harun Masiku yang masih buron.

Hal ini disampaikan menanggapi pernyataan Novel di akun YouTubenya. Novel Baswedan menyatakan siap membantu KPK untuk mencari Harun Masiku.

Menurut Karyoto, Novel Baswedan punya nomor telepon genggamnya dan bisa langsung menghubunginya jika ingin membantu. Tapi, sampai sekarang dia belum pernah mendengar pernyataan semacam itu secara langsung.

"Teman saya Novel mengatakan pernah menawarkan untuk berkolaborasi, saya selaku penanggung jawab penindakan dan eksekusi, saya tidak pernah dengar kata-kata itu ke saya. Padahal dia punya nomor telepon saya," kata Karyoto dalam konferensi pers yang digelar di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Maret.

Karyoto mengatakan pihaknya terbuka dengan bantuan yang diberikan siapa pun demi menangkap buronan mereka, termasuk Harun Masiku. 

"Kalau memang mau menawarkan, silakan. Kami membuka pintu kalau memang mau berkolaborasi," tegasnya.

"Infonya (yang, red) saya (anggap, red) sangat penting. Enggak usah tenaga, kita banyak. Tapi, infonya kalau kita mau mencari DPO kan kita enggak teriak-teriak kemana-mana. Kalau teriak sama saja dia kabur dong," imbuh Karyoto.

Dalam akun YouTubenya, Novel menawarkan diri untuk membantu KPK mencari para buronannya. Tawaran tersebut disampaikan secara terbuka karena mantan penyidik yang tersingkir melalui Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) itu menganggap komisi antirasuah hanya jalan ditempat untuk mencari Harun Masiku.

"Buronan yang berkali-kali disebut, bahkan orang sering mendengar nama Harun Masiku contohnya itu tidak dicari. Bahkan kami pun beberapa kali menawarkan, mau kami bantu?" ujar Novel dalam video di akun YouTube-nya.