HNW: Pernyataan Mahfud MD Mempertegas Sikap Pemerintah Siap Gelar Pemilu 2024
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid /DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menilai tepat penegasan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD tentang penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. 

Menurut pria yang akrab disapa HNW itu, pernyataan Mahfud adalah sikap yang seharusnya disampaikan pemerintah sejak wacana penundaan pemilu mengemuka di ruang publik.

"Soal penundaan pemilu, Pemerintah (Menko Polhukam Mahfud MD) tegaskan siapkan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024," ujar HNW di Jakarta, Senin, 21 Maret.

Politikus senior PKS itu mengatakan, posisi Mahfud sudah tepat dalam mempertegas sikap pemerintah untuk memastikan aturan pelaksanaan pemilu di dalam konstitusi berjalan dengan semestinya.

"Ya (tepat) karena kita tidak hidup di era Orde Baru (Orba) dengan UUD-nya. Kita ada di era Reformasi dengan UUDNRI yang atur soal Pemilu 5 tahun sekali dan masa jabatan Presiden dibatasi," kata HNW.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mahfud juga memastikan pemerintah akan bekerja secara profesional dalam mempersiapkan pesta demokrasi pada 2024.

“Jadi pemerintah tetap menyiapkan jadwal 2024 untuk Pemilu Presiden dan wapres (wakil presiden) serta legislatif dan Pilkada serentak. Urusan Parpol (partai politik) di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) silakan lah. Kita akan bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya,” kata Mahfud, Minggu, 20 Maret.

Terkait