Shanghai Catat Rekor Lonjakan Kasus Infeksi COVID-19 Harian, Disney Resort Ditutup
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan selama pandemi COVID-19 di Shanghai Pudong International Airport, China. (Wikimedia Commons/Ptrump)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Shanghai, China mencatat rekor lonjakan kasus infeksi COVID-19 harian pada Senin, membuat pihat berwenang bergegas melakukan tes untuk mengendalikan varian Omicron, serta menutup resor Disney hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Relatif tidak mengalami lonjakan kasus infeksi COVID-19, Shanghai melaporkan 24 kasus COVID-19 baru yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi pada Hari Minggu, dan 734 infeksi tanpa gejala lokal, data resmi menunjukkan pada Hari Senin.

Ini adalah hari keempat berturut-turut infeksi COVID-19 tanpa gejala lokal di Shanghai meningkat.

Meskipun penghitungan infeksi kecil menurut standar global, Shanghai dengan cepat mengikuti kebijakan 'Nol COVID' dinamis China, menutup sekolah dan menguji kompleks perumahan dalam upaya membatasi penyebaran virus.

"Ketika menyangkut seluruh situasi pengendalian dan pencegahan epidemi yang kita hadapi, ini sangat kompleks dan serius, dan juga merupakan ujian yang sangat besar bagi kita," terang pejabat kesehatan kota Wu Jinglei dalam jumpa pers, melansir Reuters 21 Maret.

Shanghai akan tetap dengan "pemberian izin dinamis", Wu menambahkan, dengan mengatakan dia mengharapkan dukungan publik yang berkelanjutan untuk kebijakan tersebut.

Kota ini juga menutup Shanghai Disney Resort mulai Senin hingga pemberitahuan lebih lanjut. Baca selengkapnya

Namun ada tanda-tanda frustrasi dengan pendekatan kota yang bersifat ad hoc, distrik demi distrik.

"Hong Kong, Shanghai dan Shenzhen memiliki tiga model respons epidemi yang berbeda," unggah seorang pengguna jaringan Weibo seperti Twitter di China.

"Hong Kong adalah yang terburuk tetapi akan menjadi yang pertama terbuka," ujar penulis bernama zangyn itu dalam unggahan yang dibagikan secara luas. "Shenzhen adalah yang paling efektif, dan Shanghai mungkin yang paling melelahkan, dan bahkan yang paling menyedihkan."

Disney Resort Shanghai
Ilustrasi salah satu sudut Disney Resort Shanghai, China. (Wikimedia Commons/MasaneMiyaPA)

Tingkat keparahan respons wabah oleh kompleks Shanghai dan distrik perumahan bervariasi, dengan beberapa memilih untuk mengunci selama dua minggu. Beberapa orang di distrik tertutup lainnya mengatakan, mereka tidak diberitahu berapa lama mereka harus tinggal di rumah.

Komite warga yang membantu mengatur program pengujian juga menghadapi tantangan. Satu senyawa mendistribusikan token untuk menggagalkan upaya orang luar untuk mengikuti tes gratis.

Termasuk infeksi Shanghai, China daratan melaporkan total 1.947 kasus baru yang ditularkan secara lokal dengan gejala yang dikonfirmasi pada Hari Minggu, data dari Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menunjukkan, naik dari 1.656 sehari sebelumnya.

Tangshan, kota penghasil baja yang mencatat hanya 12 kasus infeksi lokal sejak 19 19 Maret, mengizinkan kendaraan penting melintas di jalan yang lebih kecil dari jalan raya. Sementara, orang dengan kebutuhan khusus yang harus menggunakan kendaraan harus meminta persetujuan.

Adapun di Shenzhen, otoritas setempat telah mengizinkan kegiatan kerja dan produksi, serta layanan bus dan kereta bawah tanah di sebagian besar wilayah, untuk dilanjutkan setelah jumlah kasus lokal harian turun setelah tiga putaran pengujian di seluruh kota.

Namun, pembatasan ketat tetap ada di beberapa tempat. Penduduk Shenzhen masih perlu menunjukkan tes negatif untuk menggunakan transportasi umum mulai Senin hingga 27 Maret, periode di mana layanan dalam ruangan yang tidak penting akan tetap ditutup, kata pemerintah kota.

Kasus asimtomatik lokal baru China, yang tidak diklasifikasikan sebagai kasus yang dikonfirmasi, tercatat sebanyak 2.384, naik dari 2.177 sehari sebelumnya. Jumlah kematian tidak berubah di 4.638, tanpa kematian baru.

Total , China daratan telah melaporkan 132.226 kasus dengan gejala yang dikonfirmasi, baik di antara penduduk setempat dan pendatang dari luar.