Tembakkan Rudal Balistik ke Irak, Iran Beri Peringatan Tegas Terhadap AS dan Israel
Ilustrasi peluncuran rudal balistik Shahab-3 Iran. (Wikimedia Commons/Hossein Velayati)

Bagikan:

JAKARTA - Iran menyerang kota utara Irak Erbil pada Hari Minggu dengan selusin rudal balistik, dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di ibu kota wilayah otonomi Kurdi Irak, yang tampaknya menargetkan peringatan terhadap Amerika Serikat dan sekutunya.

Rudal-rudal itu jatuh di daerah dekat gedung konsulat AS yang baru, menurut pejabat Kurdi. Para pejabat AS mengatakan tidak ada orang Amerika yang terluka dan fasilitas AS juga tidak terkena. Pihak berwenang Kurdi mengatakan hanya satu warga sipil yang terluka dan tidak ada yang tewas.

Media pemerintah Iran mengatakan, Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) melakukan serangan terhadap "pusat strategis" Israel di Erbil, menunjukkan itu adalah balas dendam atas serangan udara Israel baru-baru ini yang menewaskan personel militer Iran di Suriah.

Serangan itu, di mana ledakan besar mengguncang jendela rumah di Erbil setelah tengah malam, adalah serangan yang diumumkan secara terbuka oleh Teheran terhadap sekutu Washington.

Terakhir kali Iran menembakkan rudal langsung ke fasilitas AS adalah ketika menyerang pangkalan udara Ain Al Asad di Irak barat pada Januari 2020, pembalasan atas pembunuhan AS terhadap komandan Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Serangan Hari Minggu kemarin terjadi ketika pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 menghadapi prospek kebuntuan, setelah permintaan Rusia pada menit-menit terakhir memaksa kekuatan dunia untuk menghentikan negosiasi untuk, waktu yang tidak ditentukan meskipun memiliki teks yang sebagian besar telah selesai.

Itu juga terjadi beberapa hari setelah Israel melakukan serangan udara di Suriah, yang menurut IRGC menewaskan dua anggotanya dan untuk menyebabkan mereka bersumpah akan melakukan pembalasan.

IRGC mengeluarkan pernyataan tentang serangan Hari Minggu yang dilaporkan oleh media pemerintah Iran.

"Setiap pengulangan serangan oleh Israel akan dibalas dengan tanggapan yang keras, tegas dan destruktif," katanya, melansir Reuters 14 Maret.

rudal balistik iran
Ilustrasi peluncuran rudal balistik Shahab-3 Iran. (Wikimedia Commons/Hossein Velayati)

Pemerintah daerah Kurdi Irak mengatakan serangan itu hanya menargetkan daerah pemukiman sipil, bukan situs milik negara asing, meminta masyarakat internasional untuk melakukan penyelidikan.

Terkait dengan serangan tersebut, Kementerian Luar Negeri Irak memanggil Duta Besar Iran di Baghdad sebagai protes.

Terpisah, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS menyebutnya sebagai 'serangan keterlaluan', tetapi mengatakan tidak ada orang Amerika yang terluka dan tidak ada kerusakan pada fasilitas Pemerintah AS di Erbil.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan langkah itu mengancam upaya untuk mengakhiri pembicaraan nuklir dengan Iran.

Diketahui, pasukan AS yang ditempatkan di bagian kompleks Bandara Internasional Erbil di masa lalu mendapat kecaman dari serangan roket dan pesawat tak berawak, dengan Washington menuduh serangan tersebut dilakukan oleh kelompok-kelompok milisi yang bersekutu dengan Iran, tetapi tidak ada serangan semacam itu yang terjadi selama beberapa bulan.

Ditanya tentang serangan hari Minggu, militer Israel mengatakan tidak mengomentari laporan di pers asing dan kantor perdana menteri menolak berkomentar.

Meski demikian, milisi Islam Syiah yang didukung Iran sejak kematian Mayjen Soleimani secara teratur menyerang pasukan AS yang ditempatkan di Irak dan negara tetangga Suriah. Washington terkadang membalas dengan serangan udara.

Sementara itu, beberapa pengamat mengatakan serangan Hari Minggu adalah pembalasan terhadap Israel dan tidak ditujukan ke Amerika Serikat.

"Iran telah melakukan serangan terhadap sasaran Amerika dan tidak segan-segan mempublikasikan ini," ungkap Hamidreza Azizi, Anggota Tamu di Institut Jerman untuk Urusan Internasional dan Keamanan.

"Saya melihat ini lebih sebagai tanda peringatan bagi Israel dan unjuk kekuatan dalam negosiasi," tandasnya.

Untuk diketahui, Irak telah diguncang oleh ketidakstabilan kronis sejak kekalahan kelompok Islam Sunni Negara Islam pada tahun 2017 oleh koalisi longgar pasukan Irak, yang dipimpin AS dan yang didukung Iran.

Sejak itu, milisi yang bersekutu dengan Iran telah secara teratur menyerang situs militer dan diplomatik AS di Irak, kata AS dan banyak pejabat Irak. Adapun Iran membantah terlibat dalam serangan itu.