Prajurit TNI Bantu Masyarakat Cengal OKI Bangun Jalan Alternatif
Prajurit TNI bantu warga membuka jalan alternatif di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel. (ANTARA/HO)

Bagikan:

OKU - Prajurit TNI Kodim 0402 membantu masyarakat Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, membangun jalan alternatif sejauh 16 kilometer untuk menghubungkan warga setempat dengan desa di Kecamatan Pedamaran Timur.
 
Camat Cengal Herkules mengatakan, jalan alternatif di Talang Rimba, Kecamatan Cengal, ini dapat menghubungkan warga Dusun Keledang dengan Desa Pulau Geronggang, di Kecamatan Pedamaran Timur.
 
Pembangunan jalan alternatif mampu memangkas jarak dua kecamatan serta memotong biaya transportasi bagi warga setempat yang sebagian besar berkebun. Jalan ini membuka akses bagi sekitar 300 kepala keluarga (KK) di Dusun Keledang yang semula harus melalui jalan memutar jika harus ke luar kampung.
 
Namun setelah adanya jalan tembus ini, mobilitas warga menjadi lebih gesit dan hemat waktu.
 
“Tidak ada yang mengira di sini akan ada akses jalan, tapi berkat bakti prajurit TNI dari Kodim 0402/OKI ini dapat terwujud,” kata dia di Kayuagung, Antara, Jumat, 11 Maret. 
 
Pembangunan jalan ini merupakan kolaborasi Pemkab OKI dengan Kodim 0402/ OKI melalui Program Karya Bakti Tahun 2022.
 

 
Adanya program ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dari sisi ekonomi, sosial, maupun kemasyarakatan. Apalagi, ia melanjutkan, mayoritas yang disentuh kegiatan Karya Bhakti ini adalah daerah tertinggal yang belum dijangkau kegiatan pemerintah.
 
Sementara Dandim 0402 OKI/OI Letkol Inf Hendra Saputra mengatakan bahwa pembangunan jalan alternatif ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap kebutuhan masyarakat.
 
“Ini menjadi tugas kami untuk membantu program pembangunan pemerintah guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Dandim.