TNI Bangun 5 Jembatan dan Akses Jalan 2 Desa  Pedalaman Terisolasi di Kalbar
Ilustrasi. TNI gotong royong bersama warga dalam pembangunan jalan di Desa Bahenap, Kapuas Hulu Kalbar. (ANTARA-HO-Pendim 1206 Putussibau)

Bagikan:

KALBAR - Komando Distrik Militer (Kodim) 1205 Sintang membangun akses jalan penghubung dua desa di daerah pedalaman terisolasi wilayah Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Komandan Kodim 1205 Sintang Letnan Kolonel Infanteri Kukuh Suharwiyono mengatakan, akses jalan yang digarap itu berada di antara Desa Empakan dan Desa Nanga Ungai.

"Selain membangun jalan dan jembatan kami juga akan melaksanakan kegiatan sosial pengobatan gratis dan bantuan sembako untuk masyarakat," katanya di Sintang, Kalbar, Rabu 12 Juli, disitat Antara.

Kukuh mengatakan, pembangunan akses jalan di dua desa tersebut dilaksanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-177.

Program itu merupakan wujud kerja sama dan sinergi dengan pemerintah daerah serta pihak terkait, termasuk dengan masyarakat.

Melalui program TMMD dilaksanakan kegiatan fisik pembangunan akses jalan sepanjang 8 kilometer dengan 5 jembatan dan 10 gorong-gorong.

"Akan ada satu kilometer irigasi atau selokan di sepanjang jalan tersebut yang memang lokasinya memerlukan selokan sehingga saat hujan tidak ada genangan," jelas Kukuh.

Dia berharap dengan dibangunnya akses jalan tersebut dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mempermudah akses untuk memasarkan produksi hasil pertanian dari desa ke kota.

Kegiatan TMMD itu akan dilaksanakan selama satu bulan dan prajurit TNI selama kegiatan itu akan tinggal di rumah-rumah warga sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.

"Hubungan kita dengan masyarakat sudah kuat, namun dengan adanya TMMD itu diharapkan semakin harmonis lagi dan kita akan mengerti apa yang menjadi kesulitan masyarakat setempat yang kita bantu," tandasnya.