Bagikan:

BATAM - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Andi Agung meminta maaf terkait pembayaran gaji Pegawai Tenaga Kependidikan (PTK) non-ASN yang terlambat dibayarkan.

"Saya mohon maaf pada semua, terkait penggajian PTK non-ASN terlambat," katanya di Batam dilansir Antara, Jumat, 11 Mart.

Dia menyatakan keterlambatan pembayaran gaji PTK non-ASN karena masalah validasi administrasi.

Kepala dinas yang baru menjabat sekitar tiga pekan itu menyatakan pihaknya harus melakukan validasi data PTK non-ASN yang harus digaji. Jangan sampai yang sudah tidak bekerja masih terdapat dalam data.

Keterlambatan penggajian PTK non-ASN yang terjadi di awal tahun ini menjadi pelajaran, kata dia, agar tidak terulang di tahun selanjutnya.

Ia menegaskan mulai tahun anggaran 2023 validasi data PTK non-ASN akan dilakukan sejak Desember 2022, agar tidak menghambat penggajian.

"Karena harus berkontrak, tiap tahun kami menandatangani kontrak, yang bersangkutan tandatangan, saya juga harus tandatangan. Pada intinya, Desember kami sudah lakukan validasi," kata dia.

Mengenai pembayaran gaji PTK non-ASN yang terlambat dua bulan, ia mengatakan telah mulai dibayarkan.

"Kami bayarkan pada hari ini, yang dua bulan gaji tertunda kemarin. Paling lambat Senin," kata dia.

Dia menyampaikan pihaknya berencana membuat aplikasi kenaikan pangkat demi mempermudah pelayanan kepada para guru untuk mendapatkan haknya.

Selama ini, untuk mengurus kenaikan pangkat para guru harus menyerahkan berkas tebal. Maka melalui aplikasi cukup memasukkannya dalam folder khusus.

"Ini baru wacana. Insyaallah akan terjadi," kata dia.