Awas, Pencuri Motor di Masjid atau Musala Beraksi saat Jamaah Sudah Mulai Salat
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Aksi pencurian sepeda motor terekam kamera CCTV di depan Musala Darussalam, RT 03/03, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 9 Maret, malam.pelaku melancarkan aksinya saat jamaah sedang melakukan salat Isya.

Dalam rekaman CCTV terlihat, pelaku seorang diri mengamati situasi sebelum melancarkan aksi pencurian motor. Setelah situasi dinilai aman, pelaku melancarkan aksi pencurian motor matic yang berada di depan musala. Hasilya, motor yang diincar pelaku berhasil dibawa kabur.

Menurut Iskandar, warga setempat, aksi pencurian satu unit sepeda motor terjadi tatkala para jemaah sedang melaksanakan salat Isya.

"Sedang melaksanakan salat Isya. Kalau dilihat dari CCTV pelaku satu orang, jalan kaki," kata Iskandar kepada wartawan, Kamis 10 Maret.

Iskandar mengatakan, pelaku sebelumnya, sempat mondar-mandir di sekitar musala guna melihat situasi.

Bahkan, pelaku sempat mengamati di area pintu masuk jemaah, guna memastikan apakah sudah mulai salat atau belum. Sehingga tak ada lagi jemaah yang hilir mudik di luar musala.

"Dari belakang musala dia langsung menuju ke motor incaran tapi sebelumnya dia ngecek ke pintu tuh, lihat di dalam jemaahnya udah mulai (salat) apa belum," ucapnya.

Ketika jemaah menunaikan ibadah salat Isya itulah, pelaku memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan pencurian satu unit sepeda motor yang terparkir di sekitar musala.

"Setelah keadaan aman enggak ada orang di luar, pada di dalam semua karena salat, dia ngambil kunci atau apa gitu, langsung ke motor dibawa kabur," katanya.

Diduga pelaku membobol kunci kontak sepeda motor jenis matic itu dengan menggunakan kunci letter T. Dalam waktu hitungan detik, motor milik satu jemaah pun raib dicuri.