Tak Ada Ampun! Bareskrim Usut Aliran Dana Doni Salmanan, Ada Tiga Artis yang Sempat Terima Uang
Doni Salmanan saat memenuhi panggilan penyidik (Foto: RizkyAP?VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bareskrim Polri akan menelusuri semua aliran dana dan aset milik tersangka tindak pidana penipuan di platform Quotex dan pencucian uang Doni Muhamad Taufik alias Doni Salmanan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, penelusuran ini dilakukan melalui semua pihak, termasuk saksi-saksi. Kemudian penyidik juga akan berkoordinasi dengan PPATK.

"Nanti kita lihat, nanti kita koordinasi dengan PPATK apakah aliran dana tersebut. Yang penting dana tersebut dari tindak pidana akan diberikan kepada siapa, kita akan lakukan penyitaan aset yang terkait dengan aset tindak pidana tersebut," ujar Ramadhan, Selasa, 8 Maret.

Penyidik juga akan melirik para publik figur yang disebut sempat menerima uang dari Crazy Rich Bandung tersebut. Sebab, belakangan ini Doni Salmanan diketahui sempat memberikan uang kepada para influencer.

Hanya saja, kata Ramadhan, penyidik akan memastikan terlebih dulu perihal asal uang yang diberikan. Jika memang terkait dengan TPPU, penyidik akan melakukan penyitaan.

"Ya nanti kita lihat dulu apakah yang menerima itu tahu atau tidak," kata Ramadhan.

Doni Salmanan tercatat sekitar tiga kali memberikan uang kepada influencer. Pertama kepada anggota Weird Genius, Reza Arap Oktovian.

Pemberian uang itu sebanyak Rp1 muliar. Di mana, saat itu Reza Arap sedang bermain game. Kejadian ini dimulai ketika Reza Arap sedang live streaming memainkan game Ragnarok X. Beberapa saat kemudian dia terkejut karena menerima donasi Rp400 juta.

“Aku dapat donasi dari seorang pria bernama Doni Salmanan 400 juta dalam 15 menit siaran langsung,” kata Reza Arap pada Juli 2021.

Reza pun melanjutkan kata-katanya dengan menambahkan 50 juta berkali-kali. Reza Arap memperingatkan Doni agar tidak bercanda.

“Doni Salmanan, berhenti… 1 milyar ini enggak lucu sama sekali. (mungkin) buat kamu, bukan saya,” katanya.

Selanjutnya, penyanyi Rizky Febian juga tidak kalah kecipratan rezeki dari Doni Salmanan. Pada September 2021, Rizky mengunggah foto minuman racikannya di Instagram dan meminta follower untuk memberi harga.

Di antara komentar tersebut, Doni Salmanan mengomentari unggahan dan menulis Rp400 juta. Bahkan Doni langsung mentransfer uang tersebut untuk Rizky Febian.

"Huh aku masih gemetar ini, Ini sebuah keisengan yang sangat gak diduga duga buat minuman banyak banget yang naro harga tinggi dari sultan - sultan sampe harga tertinggi di 400.000.000 sama @donisalmanan Hatur nuhun pisan kang @donisalmanan , insyallah uang ini akan sampai di tangan yang tepat untuk membantu banyak orang,” kata Rizky Febian.

Kemudian, pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar juga sempat menerima uang yang diberikan Doni Salmanan. Ketika resepsi mereka digelar, Doni menghadiri acara dan memberikan amplop tebal kepada Lesti dan Rizky.

Saat melihat amplop itu, Rizky Billar dan Lesti Kejora saling berebut dan mengaku kaget. Mereka kagum dengan Doni Salmanan yang baik meskipun mereka baru saling mengenal.

"Kang Doni luar biasa baik banget tuh orang, kita baru kenal, baru silaturahmi, nuhun pisan," kata Rizky Billar.

Baik Doni Salmanan maupun Rizky enggan menyebut uang yang didapatkan namun Rizky Billar mengatakan uang yang diberikan bermata uang dolar.