Selain Arief Muhammad, Bareskrim Polri Periksa 5 <i>Public Figure</i> Usut Uang Panas Doni Salmanan
Doni Salmanan (Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bareskrim Polri bakal mendalami enam publik figur yang memiliki keterkaitan dengan tersangka Doni Muhamad Taufik alias Doni Salmanan. Pemeriksaan deretan artis ini untuk menelusuri aliran dana.

"MH, DM, AMR, FR, DS, dan DS juga ada empat ya yang akan didalami," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri kepada wartawan, Selasa, 15 Maret.

Para publik figur itu rencana bakal dimintai keterangan pada Jumat dan Senin depan. Tapi, tak dirinci lebih jauh perihal waktu pemeriksaan masing-masing publik figur tersebut.

"Untuk rencana tindak lanjut penyidik, pada Jumat minggu ini dan Senin depan akan memanggil publik figur yang menerima uang dan barang yang berkaitan dengan tersangka DS," kata Asep.

Sebagai informasi, salah satu nama yang terseret dalam  tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka Doni Salmanan adalah Arief Muhammad.

Pemeriksaan itu untuk mendalami asal usul mobil Porsche 911 Carrera 4S milik Doni Salmanan.

"Akan kita selidiki sumbernya dari mana," ujar Kasubdit I Dittipidkor Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol.

Mobil Porsche itu sedianya milik Arief Muhammad. Namun, sudah dijual ke Doni Salmanan dengan harga Rp4 miliar.

Hanya saja, untuk saat ini, Reinhard belum bisa memastikan perlu atau tidaknya keterangan dari Arief Muhammad. Sebab, perihal itu penyidik yang akan memutuskannya.

Terlebih, penyidik pun saat ini masih fokus menelusuri aset Doni Salmanan untuk dilakukan penyitaan. "Belum mengarah ke sana," kata Reinhard.