KPK Umumkan 6 Anggota Polri Lolos Seleksi Administrasi Direktur Penyidikan
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan hasil seleksi administrasi calon pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama tahun 2022. Mereka yang lolos tahapan ini berasal dari beberapa lembaga dan instansi, di antaranya Polri dan Kejaksaan Agung.

Untuk posisi Direktur Penyidikan, ada tujuh orang yang dinyatakan lolos di mana enam di antaranya berasal dari Polri yaitu Dirreskrimum Polda Jatim Totok Suharyanto, Kasubdit I Dittipidkor Bareskrim Polri Sigit Widodo, dan Irwasda Polda Bali Awang Joko Rumitro.

Lalu Kabagpenkompeten Robinkar ESDM Polri Asep Guntur Rahayu, Kabagpinpam Ropaminal Divpropam Polri Edgar Diponegoro, dan Sespusinafis Bareskrim Polri Yaved Duma Parembang. Sementara satu orang lainnya berasal dari internal KPK yaitu Kasatgas Penyidikan, Budi Sukmo Wibowo.

Berikutnya, ada 14 nama yang lolos seleksi administrasi untuk menduduki posisi Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK. Dari belasan nama itu terdapat nama Wakapolda Sumatera Utara (Sumut) Dadang Hartanto, Wakapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Rudi Setiawan, Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah II Yudhiawan, dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III Bachtiar Ujang Purnama.

Selanjutnya, untuk posisi Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat ada 12 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka di antaranya Plt Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Deputi Bidang Penindakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Agus Budijarto hingga Guru Besar Universitas Hasanuddin, Yusran.

Tak sampai di situ, KPK juga mengumumkan ada 16 nama yang lolos seleksi administrasi untuk menduduki posisi posisi Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV. Di antaranya adalah Kapolrestabes Bandung, Aswin Sipayung dan Kepala Kejaksaan Cilegon, Elly Kusumastuti.

Terakhir, ada juga 12 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk menjabat Kepala Sekretariat Dewan Pengawas. Salah satunya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Seluruh nama lengkap calon Pejabat Tinggi Madya dan Pratama KPK ini bisa diakses oleh masyarakat melalui https://jpt.kpk.go.id/. Publik juga bisa memberikan masukan dan informasi tentang rekam jejak para calon yang lolos lewat alamat email [email protected].

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, nama-nama ini selanjutnya mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yaitu penulisan makalah atau policy brief serta bahan presentasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis, 10 Maret di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cililitan, Jakarta pada pukul 08.00 WIB.