Kasus Konfirmasi COVID-19 di Bantul Bertambah 517 Orang
ILUSTRASI FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANTUL - Kasus konfirmasi COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam 24 jam terakhir bertambah 517 orang, setelah sehari sebelumnya atau Minggu (6/3) ada penambahan 371 kasus baru.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Bantul dalam keterangan pers Pemkab, dengan penambahan kasus harian itu maka total kasus positif terinfeksi sejak awal pandemi hingga saat ini terakumulasi menjadi 69.819 orang.

Namun demikian, tambahan kasus baru hari ini disertai dengan adanya kasus konfirmasi COVID-19 di Bantul yang sembuh berjumlah 553 orang, sehingga total angka kesembuhan dari paparan virus corona berjumlah 61.101 orang.

Dilansir Antara, Senin, 7 Maret, kasus konfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia pada hari ini tercatat tiga orang dari Kecamatan Sewon dua orang, dan Sedayu satu orang, sehingga total kasus kematian di Bantul berjumlah 1.635 orang.

Dengan demikian jumlah kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih menjalani isolasi mandiri maupun karantina di rumah sakit dan selter terpadu Bantul tinggal sebanyak 7.080 orang, yang tersebar di seluruh 17 kecamatan se-Bantul.

Disebutkan, kasus COVID-19 isolasi itu dilihat dari domisili terbanyak ada di Banguntapan 1.026 orang, disusul Sewon 881 orang, kemudian Bantul 721 orang, sementara kecamatan dengan angka kasus aktif paling sedikit adalah Pundong tercatat 40 orang.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan walaupun saat ini angka penularan COVID-19 akibat varian Omicron sedang naik, tidak terjadi lonjakan BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan.

"Rumah sakit itu tidak terjadi lonjakan yang signifikan, juga kebutuhan oksigen tidak terjadi lonjakan, suplai oksigen kita cukup, ruang rawat inap kita masih memadai, karena lebih dari 95 persen (pasien COVID-19, red.) adalah tanpa gejala, ini yang yang membuat kita masih percaya diri," katanya.

Pemkab  meminta masyarakat bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas