Pesawat Garuda Indonesia Rute Jakarta-Surabaya Alami Turbulance Hebat, Penumpang Panik Berdoa Hingga Histeris
Ilustrasi pesawat maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. (Antara/Ampelsa)

Bagikan:

JAKARTA - Pesawat maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta Tangerang-Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya mengalami turbulence hebat. Kepanikan terjadi ketika pesawat masih di udara.

Pesawat tersebut berguncang keras beberapa saat menjelang landing di Bandara Juanda. Salah satu penumpang pesawat Garuda Indonesia yang berada dalam pesawat tersebut mengungkapkannya.

"Sudah dekat, udah disebutin prepare for landing, lima menit lagi sampai cuma turbulancenya seram amat," kata penumpang itu kepada VOI.id, Senin 7 Maret.

Penumpang tersebut mengatakan banyak orang yang berdoa ketika kejadian itu terjadi. Mereka pasrah menghadapi keadaan. Sementara penumpang lainnya panik hingga histeris mengadapi situasi tersebut.

Sementara itu pilot terus berupaya menstabilkan pesawat di atas udara. Lima menit pesawat dikendarai naik-turun hingga ke kanan dan kiri. Sang pilot bermanuver menerjang cuaca yang dapat membuat pesawat seketika jatuh.

"Cuaca lagi buruk, 'kita lagi berada di dalam situasi cuaca yang kurang baik, tetap tenang, tetap duduk tanpa panik' itu [kata awak di pengeras suara] pesawat," imbuhnya.

Namun, berkat kepiawaian sang pilot, pesawat itu akhirnya mendarat selamat di Bandara Juanda. "Tapi emang pilotnya hebat, bisa gimana caranya. Jago!" ujarnya.

Pesawat Garuda Indonesia itu mendarat di Bandara Juanda tak lama dari jadwal tiba 17.40 WIB. Tak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut. "Tidak ada apa-apa [selamat] semua," ujar penumpang pesawat.