Tambah Jumlah Armada, Garuda Indonesia Datangkan 2 Pesawat Boeing 737-800 NG
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Garuda Indonesia terus berupaya mengoptimalkan tren peningkatan trafik penumpang dengan menambah jumlah armada yang dimiliki. Garuda mendatangkan dua pesawat jenis Boeing 737-800 NG pekan ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan secara resmi telah menerima satu pesawat tambahan jenis Boeing 737-800. Pesawat dengan nomor registrasi PK-GUA tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 19.50 WIB kemarin malam, Jumat, 4 Agustus lalu.

“Ketibaan satu pesawat Boeing 737-800 NG ini menjadi wujud komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia pasca restrukturisasi untuk terus bergerak menjadi entitas bisnis yang jauh lebih sehat dan adaptif, seiring dengan aktivitas perjalanan udara masyarakat yang berangsur-angsur kembali pulih ke situasi pre pandemi,” tuturnya di Jakarta, Minggu, 6 Agustus.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan masih dalam bulan yang sama Garuda Indonesia juga direncanakan akan kembali menerima pesawat Boeing 737-800 NG sebagai pesawat kedua yang tiba di Jakarta untuk masuk ke proses painting livery di GMF AeroAsia sebelum secara resmi beroperasi.

“Dengan hadirnya kedua pesawat tersebut, maka saat ini kekuatan armada Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia yakni sebanyak 39 armada. Sementara untuk 2 pesawat berikutnya diproyeksikan akan tiba sekitar di akhir Kuartal III tahun 2023,” tuturnya.

Kata Irfan, kedatangan pesawat tersebut merupakan bagian dari rencana penambahan armada Garuda Indonesia yaitu sebanyak total 5 armada narrow body di tahun 2023 ini.

“Rencana ke lima pesawat ini nantinya akan menunjang optimalisasi pertumbuhan frekuensi penerbangan Garuda baik rute domestik maupun internasional di sepanjang tahun 2023, khususnya rute-rute dengan capaian positif,” jelasnya.

Termasuk, sambung Irfan, untuk mendukung berbagai gelaran nasional maupun internasional di berbagai destinasi Indonesia yang membutuhkan dukungan aksesibilitas transportasi udara yang aman dan nyaman.

Buka Rute Baru

Memasuki Kuartal III tahun ini, Garuda Indonesia juga terus memperkuat jaringan penerbangan dalam waktu dekat di antaranya seperti rencana pembukaan rute baru Denpasar-Sorong.

Kemudian, sambung Irfan, meningkatkan frekuensi penerbangan untuk rute-rute favorit yakni dari dan menuju Denpasar, Surabaya, Singapura, Malang, hingga Tanjung Pinang.

Irfan mengatakan hal tersebut turut diselaraskan dengan optimalisasi pangsa pasar umrah melalui rute penerbangan langsung ke tanah suci dari sejumlah kota besar di Indonesia.

“Kami berharap dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan baik dari sisi core business Garuda Indonesia, hingga langkah diversifikasi lini bisnis sebagai upaya penunjang pendapatan kinerja Perusahaan dapat mendorong langkah Garuda untuk dapat pulih lebih cepat ke situasi sebelum pandemi untuk mewujudkan fokus Garuda Indonesia saat ini yaitu menjadi bisnis yang adaptif dan profitable,” tutup Irfan.