Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Taufik, mengklaim bahwa pengerjaan proyek pembangunan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Kawasan Ancol sejauh ini belum menemui kendala yang berarti.

Hal ini dinilai sebagai catatan positif, mengingat pada masa awal pembangunan dilakukan, banyak pihak yang sempat meragukan proyek ini dapat berjalan sesuai rencana.

"Kontraktor sejauh ini belum memiliki kendala soal teknis pengerjaan jalan. Sehingga Mereka optimistis (proyek) ini bisa selesai tepat waktu. Buat Saya sih, yang paling penting memang harus selesai tepat waktu, karena untuk soal kualitas kan mereka ada pengawasan, bahkan dari organisasi Formula E itu sendiri," ujar Taufik, saat meninjau pelaksanaan proyek, sebagaimana dilansir Antara, Minggu, 6 Maret.

Dengan proyeksi bahwa proses pembangunan bakal berjalan tepat waktu itu, Taufik pun tak segan menyampaikan pujiannya. Pasalnya dari hasil pantauannya, Taufik mengklaim proses pelaksanaan pembangunan Sirkuit JIEC Ancol kini telah mencapai 52 persen.

Dengan hanya menyisakan 48 persen lagi proses pembangunan, Taufik mengaku percaya diri keseluruhan proyek bakal sepenuhnya rampung pada April 2022 mendatang. "Insya Allah April sudah bisa selesai" tutur Taufik.

Dijelaskan Taufik, konstruksi jalanan untuk balap Formula E memang memiliki standar tersendiri yang tidak mungkin bisa dibandingkan dengan konstruksi jalan raya biasa. Ada syarat-syarat khusus yang tentunya telah diperhitungkan oleh pihak kontraktor, sehingga dapat dipastikan hasil pengerjaannya nanti bakal sesuai dengan syarat dari pihak penyelenggara Formula E tu sendiri.

"Mereka (kontraktor) kan pastinya juga sudah memperhitungkan kekuatan jalan ini, sehingga benar-benar sesuai dengan ketentuan dari pihak Formula E-nya sendiri," tegas Taufik.

Dalam kunjungannya kali ini, Taufik didampingi oleh Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, Desainer Sirkuit Formula E Jakarta Irawan Sucahyono dan Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo.