PSBB Jakarta, Jumlah Kendaraan Masuk Jakarta Menurun
Ilustrasi/Angga Nugraha VOI

Bagikan:

JAKARTA - Penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta memasuki hari ketiga. Polri mengklaim jumlah kendaraan yang masuk Ibu Kota menurun.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), penurunan jumlah kendaraan sebesar 20 persen. Hal itu berdasarkan perbandingan penerapan PSBB di hari pertama dan kedua.

"Hasil koordinasi Kemenhub, dilihat dari kendaraan yang masuk sejak pagi dihitung dari beberapa gerbang pintu masuk tol, ada 16-20 persen penurunan kendaraan yang masuk ke sini," ujar Yusri kepada wartawan, Rabu, 16 September.

Penurunan aktivitas terpantau juga terjadi di terminal. Sebab, berdasarkan data terjadi penurunan lebih dari setengahnya jika dibandingkan sebelum penerapan PSBB.

"Penurunan termasuk di terminal Grogol. Penurunan sampai 75 persen. Termasuk kendaraan memang sepi," kata dia.

Meski jumlah aktivitas kendaraan terdata menurun, Yusri menegaskan tim gabungan dari TNI-Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), Kejaksaan dan Pengadilan tetap akan menindak masyarakat yang melanggaran aturan selama penerapan PSBB.

"Intinya sekarang operasi yustisi arahnya bagaimana kita bisa mendisplinkan masyarakat supaya bisa sadar diri," kata dia.