BMKG Prakirakan Wilayah Sumut Hujan Lebat Malam Hari
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian besar wilayah Sumatera Utara malam hari berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Waspada hujan sedang hingga lebat di wilayah Pantai Barat, Lereng Timur dan pegunungan di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari I Purba dikutip Antara, Kamis, 3 Maret.

Secara umum cuaca di Sumut berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan.

Kondisi yang sama juga dapat terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Toba, SImalungun, Langkat Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan Kepulauan Nias sekitarnya. Khusus malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah di Sumatera Utara.

Suhu udara rata-rata 17.0-30.0 derajat Celcius, kelembaban udara 60-95 persen, angin berhembus dari Barat Laut -Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.