Warga Sumut Harap Waspada! BMKG Prediksi 9 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut). 

Sedikitnya 9 daerah di Sumut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang dapat disertai kilat atau petir hingga angin kencang.

Sejumlah wilayah tersebut yakni Kabupaten Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan Pakpak Bharat, Dairi, dan sekitarnya.

Berdasarkan keterangan tertulis BMKG, pada sore hingga malam hari berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat di wilayah Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Toba, Mandailing Natal.

"Suhu udara antara 25.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 58-98 persen, angin berhembus dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan 5-30 km/jam," tulis BMKG dilansir Antara, Sabtu, 13 Maret.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Utara Sabang, Perairan barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias kategori sedang dengan ketinggian 1.25-2.5 meter.