Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada akan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah kota-kota besar di Indonesia pada Minggu 20 Oktober.

"Di wilayah Jawa, untuk Jakarta berawan tebal. Bandung dan Yogyakarta hujan deras disertai kilat. Sementara di Serang, Semarang, dan Surabaya berpotensi hujan ringan," kata Prakirawan BMKG Cici Sucianingsih dalam siaran prakiraan cuaca, dikutip Antara.

Khusus untuk di sekitar Senayan, Jakarta, BMKG sebelumnya memprediksi kondisi cuaca cerah saat hari pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Adapun di wilayah Sumatera, hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di Medan, Tanjung Pinang, Palembang, dan Pangkal Pinang.

Sementara di Banda Aceh dan Jambi udara kabur, di Padang asap kabut. Bengkulu dan Lampung berawan tebal. Sementara Pekanbaru berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

"Di wilayah Denpasar diperkirakan hujan ringan dan di Mataram serta Kupang diprakirakan berawan tebal," kata dia.

Selanjutnya, kata dia, di wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Palangkaraya, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Sementara Samarinda, dan Pontianak hujan dengan intensitas ringan.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, lanjutnya, wilayah Mamuju dan Manado berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Adapun Gorontalo, Palu, dan Makassar diprediksi hujan ringan. Sementara Kendari berawan tebal.

Di wilayah Indonesia Timur, kata dia, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya dan Ambon pada umumnya hujan ringan hingga sedang. Sementara Ternate dan Merauke berpotensi berawan tebal.

"Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG," kata dia.