Warga DKI Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem hingga Beberapa Hari ke Depan
Ilustrasi banjir Jakarta (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusmada Faizal meminta masyarakat Ibu Kota mewaspadai potensi hujan lebat hingga banjir dalam beberapa hari ke depan.

Hal ini, kata Yusmada, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atas potensi cuaca ekstrem di Jakarta.

"Buat keluarga semua, ini berdasarkan prediksi BMKG juga, dalam 2-3 hari ini kemungkin potensi hujan ekstrem itu masih terjadi. Penting untuk semua kita perlu waspada," kata Yusmada pada Jumat, 19 Februari.

Potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan bisa mengakibatkan banjir seperti kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat terdapat 99 RT di Jakarta yang terendam banjir kemarin. Rinciannya, ada 3 RT di Jakarta Barat dan 96 RT di Jakarta Timur.

Yusmada menjelaskan penyebab banjir kemarin. Kata dia, curah hujan pada Kamis, 18 Februari hingga Jumat, 19 Februari, paling tinggi berada di kawasan Halim Perdanakusuma dengan 160 milimeter per hari, Manggarai dan Pasar Minggu 130 milimeter per hari, dan Sunter Hulu 107 milimeter per hari.

Sayangnya, sistem drainase di DKI dibangun dengan daya tampung curah hujan antara 50 sampai 100 milimeter per hari. Drainase di kawasan tersebut tak mampu menampung air dengan curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan luapan air sampai pemukiman.

"Perlu diketahui, sistem drainase kita itu didesain berdasarkan curah hujan 50 sampai 100 mililiter per hari. Makanya, kalau terjadi hujan ekstrem sampai 160 milimeter, terjadilah meluap," jelas dia.

"Akibat hujan yang kemarin siang, umumnya itu jam 5 kemarin sudah surut. Begitu juga yang hujan tadi malam, tadi pagi jam-jam 09.00 itu sudah surut. Kecuali memang wilayah yang seperti yang di Cipinang Melayu, itu termasuk juga hujan yang di Halim," lanjutnya.

Adapun prediksi BMKG pada hari ini, terdapat potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari.

Di Jakarta Barat, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan ringan, siang hingga malam hujan lebat, dan dini hari akan berawan. Di Jakarta Pusat, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan ringan, siang hujan sedang, malam kembali hujan ringan, dan dini hari akan berawan.

Di Jakarta Selatan, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan sedang, siang hujan lebat, malam hujan sedang, dan dini hari akan berawan. Di Jakarta Timur, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan sedang, siang hujan petir, malam hujan sedang, dan dini hari akan berawan.

Di Jakarta Utara, sepanjang hari diprediksi mengalami hujan ringan. Sementara di Kepulauan Seribu, pada pagi hingga malam hari akan hujan ringan dan dini hari akan hujan sedang.