BMKG Ingatkan Warga Manado, Cuaca Ekstrem Akan Berlangsung hingga 14 Februari
Ilustrasi cuaca buruk (ANTARA)

Bagikan:

MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manado mengingatkan warga waspadai cuaca ekstrem hingga 14 Februari 2023.

"Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Sabtu.

Peringatan dini cuaca ini diberlakukan untuk beberapa kabupaten dan kota wilayah daratan hingga daerah kepulauan.

Di tanggal 12 Februari, potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sehari berikutnya, diperkirakan terjadi di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di saat 14 Februari mendatang, potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara.

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dia berharap, masyarakat tetap waspada dan melakukan mitigasi mandiri apabila berada dalam kondisi cuaca ekstrem.

"Berhati-hatilah bila bermukim di daerah rawan bencana seperti di bantaran sungai, permukiman yang curam dan rawan longsor. Kami juga berharap warga dan pemangku kepentingan mengakses data dan informasi melalui kanal yang disediakan," ajaknya.

Terkait