Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Bencana Banjir dan Longsor di Sumut
Prakiraan Cuaca (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Masyarakat Sumatera Utara diminta untuk lebih mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Curah hujan yang tinggi bisa menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, bencana akibat curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat bisa melanda sejumlah daerah di wilayah Sumut.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, lereng timur, dan lereng barat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor di Sumut," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung, seperti dilansir Antara, Sabtu, 11 Juni.

Secara umum cuaca di Sumut, pada Sabtu siang, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Pakpak Bharat, Humbahas, Dairi, Samosir, Toba, Tapteng, Taput, Tapsel, Madina, Kep. Nias, Karo, Deli Serdang, Asahan, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut. Sementara dini hari, wilayah Sumut berawan.

Suhu udara 17.0 – 33.0 derajat celsius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan Sensor Modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terdapat tiga titik panas (hotspot) di Provinsi Sumatera Utara yang terpantau di Padang Lawas Utara.