Hentikan Perjalanan Liburannya, Kapal Pesiar Mardi Gras Selamatkan 16 Penumpang Perahu yang Terapung di Laut
Ilustrasi kapal pesiar Mardi Gras, Carnival Cruise Line. (Wikimedia Commons/kees torn)

Bagikan:

JAKARTA - Meski sedang dalam perjalanan liburan dengan membawa penumpang, kapal pesiar ini menghentikan sejenak aktivitasnya untuk menyelamatkan sejumlah orang yang terombang-ambing di laut lepas.

Perusahaan pelayaran internasional Carnival Cruise Line dalam keterangannya mengatakan, kapal pesiar Mardi Gras yang termasuk jajaran armadanya, menyelamatkan 16 orang dari lautan.

Saat berlayar di perairan terbuka tidak terlalu jauh dari Kuba Jumat pagi pekan lalu, awak kapal pesiar Mardi Gras melihat apa yang seharusnya menjadi pemandangan yang mengerikan, sebuah kapal kecil di laut bergelombang mengalami kecelakaan,

Para kru melihat kapal yang rusak tepat sebelum jam 8 pagi, kata Carnival Cruise Line dalam sebuah blog berita. Mardi Gras menghentikan perjalanan liburannya untuk membantu, menyelamatkan 16 orang yang terdampar.

Kapal yang mengalami kecelakaan itu berada sekitar 60 mil barat laut dari Key West, Florida, menurut Matt Lupoli, manajer senior untuk hubungan masyarakat Carnival.

"Semua penumpangnya adalah orang dewasa; 11 pria dan lima wanita," ujar Lupoli kepada CNN Travel, seperti dikutip 4 Juni.

Seluruhnya mengantongi identitas berkebangsaan Kuba. Keenambelas orang tersebut mendapatkan perawat dari staf medis di atas Mardi Gras, diberikan pakaian serta makanan yang cukup.

Sebelumnya, kapal pesiar Mardi Gras sedang dalam pelayaran tujuh hari di Karibia. Kapal itu kembali Sabtu pekan lalu ke Port Canaveral, Florida, seperti yang dijadwalkan setelah seharian di laut, terang Lupoli.

Dalam perjalanannya, kapal itu membuat beberapa pemberhentian Karibia Barat dalam perjalanannya, termasuk Cozumel dan Costa Maya, Meksiko, dan Pulau Roatan, Honduras.

Diketahui, kapal pesiar Mardi Gras diluncurkan pada Juli 2021. Kapasitas normal penumpangnya mencapai 5.282 orang, dengan jumlah perwira dan awak kapal sekitar 1.745, menurut Lupoli.

Bukan hal yang aneh bagi kapal pesiar untuk membantu penyelamatan maritim. Lupoli menambahkan, anggota kru selalu memindai perairan dan seperti yang ditunjukkan kapten Mardi Gras kepada para tamu di atas kapal, adalah kebiasaan maritim untuk membantu siapa pun yang mengalami kesulitan di laut.

Pada tahun 2020, kapal Carnival Elation menyelamatkan 24 orang dari kapal yang tenggelam di lepas pantai Florida, ketika memiliki awak yang sangat kecil dan tidak ada penumpang selama bulan-bulan awal pandemi.